• Nusa Tenggara Timur

Operator Selular Bisa Tiru PLN Beri Pulsa Gratis

Djemi Amnifu | Kamis, 20/08/2020 09:02 WIB
Operator Selular Bisa Tiru PLN Beri Pulsa Gratis Jhony Army Konay

kataNTT--Pemerintah saat ini sudah mengeluarkan banyak kebijakan terkait penanggulangan wabah Covid-19 di Indonesia, salah satunya oleh PT PLN yang memberikan pulsa gratis bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA. Langkah PT PLN ini bisa diikuti operator selular seperti Telkom, Telkomsel, Indosat dan XL.

"Sudah semestinya operator selular seperti Telkom (Indihome), Telkomsel, Indosat an XL meringankan beban mereka dengan memfasilitasi internet gratis kepada dosen, guru dan siswa, selama wabah Covid-19," kata Wakil Bupati TTS, Jhony Army Konay kepada wartawan, Kamis (20/8).

Mereka ini jelas Army, sangat merasakan langsung dampak wabah Covid-19 dalam melaksanakan aktifitas perkuliahan dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Semua aktifitas perkuliahan dan sekolah masih dilakukan secara online sehingga penggunaan pulsa cukup tinggi.

Di Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI ini kata Army, nasional operator selular sementara diuji untuk membantu mencerdaskan anak bangsa lewat program pulsa gratis.

"Salah satu kendala dari sistem kuliah dan KBM secara online di TTS adalah banyak siswa tak mampu yang bisa memgikutinya. Mereka tidak punya uang membeli pulsa. Untuk makan saja, sudah susah bagaimana mau beli pulsa," kata Army.

Saat ini kata Army, jangkauan Telkom sudah sampai ke desa melalui internet desa sehingga bisa dimaksimalkan bagi siswa dan guru. Apalagi, topografi TTS yang berbukit sehingga tidak semua wilayah bisa mengakses internet karena tidak ada sinyal.

Namun Army mengapresiasi jika beberapa operator seluler yang telah mengeluarkan program khusus akibat Covid-19 ini. Telkomsel dan Indosat menggratiskan layanan internet untuk akses-akses tertentu, misalnya untuk situs-situs pendidikan.

"Namun lebih bagus kiranya jika pemerintah mendorong agar internet gratis bisa diterapkan secara masif. Skema kerjasama pemerintah dengan operator selular perlu dibicarakan secara cermat untuk hal ini," sambungnya lagi. (joy)

FOLLOW US