• Nasional

BPK Akan Periksa Seluruh Lembaga Pemerintahan Peraih Dana Penanganan Covid-19

Rusman | Selasa, 08/09/2020 23:52 WIB
BPK Akan Periksa Seluruh Lembaga Pemerintahan Peraih Dana Penanganan Covid-19 Ilustrasi BPK

Katantt.com - Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) akan memeriksa seluruh jajaran pemerintahan, yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan anggaran negara.

"Pemeriksaan oleh BPK saat ini cakupannya adalah seluruh jajaran pemerintahan yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19," kata Ketua BPK, Agung Firman Sampurna di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Agung mengatakan bahwa, pemeriksaan dilakukan karena adanya program ekonomi nasional yang melibatkan banyak lembaga terkait, seperti badan usaha milik negara, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjaminan Sosial. Selain itu juga pemerintah daerah, karena adanya relokasi dan refokusing anggaran.

"Ini adalah pertama kalinya dilakukan pemeriksaan, selain pemeriksaan laporan keuangan pemerintah pusat yang biasanya dilakukan setiap tahun dalam skala yang begitu besar dan masif," katanya.

Lebih lanjut Agung mengatakan, dalam pemeriksaan laporan keuangan negara tersebut pihak BPK menggunakan seluruh  auditoriat keuangan negara (AKN). Padahal dalam pemeriksaan seperti yang sudah biasa dilakukan hanya menggunakan satu AKN.

"Penting juga disampaikan bahwa ini ditangani oleh seluruh auditoriat keuangan negara. Jadi bukan satu AKN. Jadi mulai dari AKN 1 sampai dengan AKN 7. Ini yang merupakan barang kali menjadi pembeda utama, dari pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK pada saat ini, dengan pemeriksaan-pemeriksaan sebelumnya," katanya.

Terkait durasi pemeriksaan, Agung mengatakan hanya dilakukan untuk laporan keuangan tahun ini saja. Hal itu mengingat kondisi kedaruratan karena adanya pandemi Covid-19.

"Karena situasi kedaruratan betul-betul terjadi pada tahun ini, nanti pada tahun yang akan datang kita lakukan penilaian risiko terlebih dahulu. Hasil penelitian risiko itu yang akan memberikan gambaran apakah akan dilakukan audit sejenis atau cukup yang dilakukan audit pada saat ini saja," katanya.

Menurut Agung, pemeriksaan yang akan dilakukan bersifat menyeluruh. Mulai dari tingkat perencanaan, pelaksanaan hingga ke tingkat pengawasan khususnya untuk tiga matra yaitu penanganan kesehatan, program jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi nasional.

"Saya pikir penjelasan kami pas disitu. Intinya semua itu yang kami lakukan pemeriksaan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasannya. Tapi detailnya seperti apa itu bagian daripada strategi pemeriksaan," katanya.

FOLLOW US