• Nusa Tenggara Timur

Perahu Tenggelam di Rote, Kades Kolobolon Selamat, Ayah dan Anak Hilang

Imanuel Lodja | Senin, 04/01/2021 15:17 WIB
Perahu Tenggelam di Rote, Kades Kolobolon Selamat, Ayah dan Anak Hilang Kepala Desa Kolobolon, Filmon Mboeik yang selamat dari kecelakaan laut dirawat di puskesmas

 


katantt.com--Kecelakaan laut terjadi di Perairan Lole, Desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Minggu (3/1) siang sekitar pukul 11.00 Wita.

Satu unit perahu sampan yang terbuat dari fiber dihantam gelombang sehingga terbalik.

Ada tiga orang penumpang yang hendak mencari ikan. Kepala Desa Kolobolon, Filmon Mboeik selamat, sementara 2 nelayan lainnya yang merupakan ayah dan anak kandung hilang diterjang gelombang dan belum ditemukan hingga saat ini.

Korban selamat yakni Filmon Mboeik,50, penjabat kepala desa Kolobolon. Sementara 2 warga yang hilang masing-masing Stef Pello,45, dan Refli Pello,18.

Keduanya warga Dusun Kolobolon 4, Desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

Korban selamat, Filmon Mboeik mengaku kalau sekira pukul 11.00 wita bersama 2 orang rekannya, Stef Pello dan Refli Pello pergi memancing ikan menggunakan perahu sampan yang terbuat dari fiber.

Ketiga orang tersebut berangkat dari Pantai Oemasik Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao.

Sekitar pukul 13.00 Wita, sampan tersebut diterjang gelombang setinggi sekitar 2 meter, yang mengakibatkan air laut masuk ke dalam sampan.

Korban berusaha mengeluarkan air dari sampan tersebut dengan gayung namun karena air terus masuk menyebabkan sampan tersebut tenggelam.

Ketiga orang tersebut mencoba menyelamatkan diri namun yang berhasil selamat sampai ke darat hanya Filmon Mboeik (kepala desa).

Sementara dua rekannya sampai saat ini belum ditemukan dan dalam proses pencarian.

Korban selamat Filmon Mboeik mengatakan mencoba menyelamatkan diri dengan cara berenang ke darat.

Ia telah berusaha mencoba melakukan pertolongan terhadap kedua rekannya namun dengan tenaga yang terbatas, maka Filmon Mboeik tidak dapat membantu rekannya secara maksimal, sehingga memutuskan berenang menyelamatkan diri.

Ketika sampai di darat korban selamat, Filmon Mboeik menyampaikan informasi tersebut kepada Olis Zacharias dan warga yang berada di sekitar pantai untuk melakukan pertolongan kepada dua rekannya.

Selanjutnya korban Filmon Mboeik dilarikan ke Puskesmas Oele kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao untuk mendapat perawatan.

"Korban selamat (Filmon Mboeik) saat ini mendapat perawatan medis di Puskesmas Rote selatan, kondisi korban terpantau dalam keadaan sehat," ujar Kasubbag Humas Polres Rote Ndao, Aiptu Anam Nurcahyo saat dikonfirmasi, Senin (4/1).

Sementara kedua korban yang hilang (Stef Pello dan Refli Pello) adalah bapak dan anak kandung, dan masih ada hubungan keluarga dengan korban selamat.

Hingga saat ini, masih terus dilakukan upaya pencarian oleh warga Desa Kolobolon di sekitar pesisir pantai.

Sementara itu Basaranas Kabupaten Rote Ndao, BPBD dan Satuan Polair Polres Rote Ndao juga melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian.

"Pagi ini juga personil Polsek Lobalain dibawah pimpinan Kapolsek Lobalain, Iptu Yeni Setiono sudah berada di wilayah Desa Kolobolon, sebagai upaya tindakan kepolisian berkaitan dengan insiden tenggelamnya warga Desa Kolobolon," tandas Anam Nurcahyo.

FOLLOW US