• Nasional

PBB Pindahkan 140 Migran Ethiopia yang Terdampar di Yaman

Asrul | Rabu, 17/03/2021 08:29 WIB
PBB Pindahkan 140 Migran Ethiopia yang Terdampar di Yaman Seorang wanita dan putrinya duduk di luar tenda mereka di sebuah kamp pengungsi internal dekat Sanaa Yaman pada tanggal 15 Agustus 2016 [REUTERS / Khaled Abdullah -

Jakarta, katantt.com - Badan PBB untuk Migrasi mengatakan telah memindahkan 140 migran Ethiopia yang terdampar di Yaman kembali ke negara asal mereka.

"Hari ini, sebuah penerbangan yang membawa 140 migran yang terlantar berangkat dari Bandara Internasional Aden menuju Addis Ababa," kata Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dalam sebuah pernyataan dilansir Middleeast, Rabu (17/03).

Badan itu menambahkan bahwa ini adalah penerbangan pertama ke Ethiopia dari Yaman di bawah program Pengembalian Kemanusiaan Sukarela IOM sejak pandemi global COVID-19 diumumkan.

"Penerbangan ini merupakan jalur vital bagi para migran yang telah terdampar selama berbulan-bulan dalam kondisi tidak aman," katanya mengutip pernyataan Direktur Jenderal IOM Antonio Vitorino. 

"Dalam beberapa bulan mendatang, kami berharap melihat lebih banyak migran yang pulang dengan selamat."

"Meskipun terjadi pengurangan jumlah migran yang tiba di Yaman - dari 138.000 pada 2019 menjadi lebih dari 37.500 pada 2020 - bahaya yang mereka hadapi telah meningkat secara drastis selama setahun terakhir. Tidak dapat melanjutkan perjalanan melintasi Yaman ke Arab Saudi, banyak migran yang terdampar kekurangan tempat berlindung, air dan makanan, "kata pernyataan itu.

FOLLOW US