• Nasional

Yordania Umumkan keberhasilan Vaksin AstraZeneca Lawan Covid-19

Asrul | Jum'at, 02/04/2021 12:06 WIB
Yordania Umumkan keberhasilan Vaksin AstraZeneca Lawan Covid-19 Vaksin AstraZeneca (foto: flicker)

Jakarta, katantt.com - Yordania mengumumkan bahwa vaksin virus korona AstraZeneca terbukti berhasil mengurangi kematian terkait COVID-19. Selain itu, mereka juga melaporkan tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

Dilansir Middleeast, Jumat (02/04), Nizar Mhaidat, direktur jenderal Administrasi Makanan dan Obat Yordania, mengatakan vaksin AstraZeneca juga terbukti berhasil mengurangi jumlah kasus yang dirawat di rumah sakit.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa persentase pembekuan darah yang tercatat akibat penggunaan vaksin di negara lain "tidak melebihi 0,0000015%, yang merupakan persentase yang sangat kecil yang tidak memerlukan tindakan apa pun untuk menghentikan penggunaannya."

Penggunaan vaksin sempat dihentikan di beberapa negara Eropa awal bulan ini karena kekhawatiran pembekuan darah.

Setelah peninjauan oleh para ahli medis di European Medicines Agency yang berbasis di Brussel, sebagian besar negara UE, termasuk Jerman, melanjutkan vaksinasi AstraZeneca pada 19 Maret.

"Sebanyak 144.000 dosis AstraZeneca diberikan di Yordania dan yayasan belum menerima pemberitahuan apa pun tentang efek samping yang tidak terduga," kata Mhaidat.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa semua laporan yang diterima oleh lembaga melalui tautan untuk melaporkan efek samping oleh warga termasuk di antara efek samping yang diharapkan dan normal.

Pada 13 Maret, Jordan menerima 144.000 dosis vaksin AstraZeneca, sebagai bagian dari inisiatif COVAX global.

Hingga Rabu malam, Jordan mencatat total 611.577 kasus virus korona, termasuk 6.858 kematian dan 513.144 pemulihan.

FOLLOW US