• Nusa Tenggara Timur

Diguyur Hujan Deras, Kapolri Tinjau Vaksinasi dan Donor Plasma di Kupang

Imanuel Lodja | Sabtu, 03/04/2021 13:49 WIB
Diguyur Hujan Deras, Kapolri Tinjau Vaksinasi dan Donor Plasma di Kupang Kapolri jenderal polisi Listyo Sigit Prabowo didampingi Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif menyapa salah seorang warga di dalam tenda yang akan mendapatkan vaksinasi massal bertempat di Mapolda NTT.

katantt.com--Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan vaksinasi massal dan donor konvalesen di Mapolda NTT Sabtu (3/4/2021).

Vaksinasi diikuti 300 masyarakat sipil, sementara donor darah dilakukan oleh anggota Polda NTT bekerjasama dengan PMI NTT.

Walau diguyur hujan deras, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo didampingi Kadiv Humas Irjen Pol Raden P Argo Yuwono, SIK, MSi dan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, SH SIK, MH.

Hadir pula, Wakabareskrim Irjen Pol Syahardiantono, MSi, Kakorwas PPNS Bareskrim Brigjen Pol Asep Edi Suheri, SIK MSi dan Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH MHum mendatangi tenda-tenda yang dipenuhi masyarakat.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyapa satu per satu peserta vaksin serta berdialog dengan anggota Polri peserta donor plasma.

Kepada wartawan usai peninjauan ini, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengaku kalau vaksinasi massal diikuti 300 orang warga masyarakat.

Secara keseluruhan sudah150.000 vial yang digunakan. Khusus untuk anggota Polri di Polda NTT telah terlayani 70 persen peserta vaksin.

Terkait distribusi vaksin dan pelayanan vaksin di NTT, Polri mendorong kementerian kesehatan RI guna mempercepat penyaluran vaksin karena NTT merupakan daerah super destinasi pariwisata premium sehingga pariwisata bisa hidup kembali.

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Polri mendukung vaksinasi dan program pemerintah lainnya.

Ia meminta Kapolda NTT memantau soal penyaluran vaksin karena masalah kekurangan vaksin dilapangan akan diteruskan ke pusat sehingga bisa teratasi.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga berharap program vaksin diseluruh wilayah berjalan lancar, cepat dan normal.

Anggota Polri yang juga penyintas melakukan donor plasma untuk membantu masyarakat yang membutuhkan guna membantu mempercepat penyembuhan.

Dalam kesempatan tersebut Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berdialog dengan personel Polda NTT yang melaksanakan donor plasma covalensen yang menanyakan kondisi kesehatan dari personel yang memberikan donor plasma.

Selain berdialog dengan personel yang melaksanakan donor plasma convalensen, Kapolri juga berdialog bersama masyarakat yang melaksanakan vaksinasi.

Listyo Sigit Prabowo menanyakan kondisi kesehatan masyarakat yang melaksanakan vaksinasi serta menjelaskan mengenai tujuan dilaksanakannya vaksin serta kegunaan dari vaksinasi.

Kabid Dokkes Polda NTT Kombes Pol dr Sudaryono menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan Polri terhadap program pemerintah, khususnya pada penanganan Covid-19.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut dapat memulihkan kembali kondisi Indonesian dari krisis kesehatan maupun krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Peserta vaksinasi sebanyak 300 orang dengan rincian, 100 orang mahasiswa Politeknik Negeri Kupang, 100 orang karyawan hotel, 50 orang FKUB dan selebihnya adalah masyarakat umum.

Mereka dilayani tenaga vaksinator sebanyak 65 orang.

Sementara donor plasma konvalesen covid-19 diikuti 21 terdiri dari 20 orang personel Polri Polda NTT dan 1 orang masyarakat umum.

Untuk Provinsi NTT, sasaran yang sudah divaksin yakni tenaga kesehatan 32.221 orang.

Petugas publik, dari total 402.222 orang sudah melaksanakan vaksinasi tahap I sebanyak 50.842 orang atau 12,64 persen dan vaksinasi tahap II sebanyak 20.526 atau 5,10 persen.

Lansia, dari total 443.409 orang, sudah terlayani vaksinasi tahap I sebanyak 6.885 atau 1,55 persen dan vaksinasi tahap II sebanyak 54 orang atau 0,01.

 

FOLLOW US