• Nusa Tenggara Timur

Jabat Danrem 161/Wirasakti, Brigjen Legowo WR Jatmiko Temui Kapolda NTT

Imanuel Lodja | Jum'at, 16/04/2021 13:07 WIB
Jabat Danrem 161/Wirasakti, Brigjen Legowo WR Jatmiko Temui Kapolda NTT Danrem 161/WS, Brigjen TNI Legowo Jatmiko saat silahturahmi ke Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif di Mapolda NTT.

katantt.com--Brigjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, SIP, MM ditunjuk menjadi Danrem 161/Wirasakti, Nusa Tenggara Timur.

Ia menggantikan Brigjen TNI Samuel Hehakaya yang pindah menjadi Kasdam Pattimura.

Sebagai pucuk pimpinan di Korem 161/Wirasakti NTT, Brigjen TNI Legowo Jatmiko pun menemui Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH MHum, Jumat (16/4/2021).

Danrem 161/Wirasakti Brigjen TNI Legowo W.R. Jatmiko memperkenalkan diri dan menyampaikan program prioritas.

Yakni memperkuat sinergitas dengan Polri dalam menjaga kedaulatan NKRI di Provinsi Nusa Tenggara Timur sekaligus meningkatkan hubungan yang telah terjalin baik selama ini.

Selain itu memberdayakan para Babinsa berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak harkamtibmas di tingkat Desa serta mendukung program pemerintah pusat yang ada di Provinsi NTT.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif menyampaikan bahwa tantangan tugas Polda NTT saat ini yakni penanganan pemulihan ekonomi nasional (PEN) dimana Program Polri diantaranya Kampung Tangguh, guna meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat.

Selain itu penanaganan Covid-19 dimana pada tingkat pusat Wakapolri adalah wakasatgas Covid-19.

Selanjutnya upaya Polda NTT berupa vaksinasi nasional pelayanan publik, nakes dan lansia selama ini sudah berjalan.

Beberapa waktu lalu Kapolda dan Danrem NTT melakukan kegiatan vaksinasi nasional personel Polri dan TNI yang disaksikan langsung oleh Panglima TNI dan Kapolri.

Lotharia Latif menyebut sinergitas TNI-Polri selama ini terjalin sangat baik dalam menjaga Harkamtibmas sehingga kondusifitas masyarakat tetap terjaga.

Sedangkan lelaksanaan Pilkada di NTT dari 9 Kabupaten semuanya berjalan aman dan kondusif walaupun ada 5 kabupaten yang melakukan gugatan ke MK dan semuamya ditolak.

Sementara khusus Kabupaten Sabu Raijua baru saja diputuskan dan ditolak dengan rekomendasi pemilihan ulang paling lambat 60 hari setelah putusan.

Hal ini membutuhkan kesiapsiagaan Polri dan TNI dalam menjaga agar situasi di Kabupaten Sabu Raijua bisa berjalan kondusif.

Kepada Danrem 161/WS, Brigjen TNI Legowo Jatmiko, Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif membeberkan sejumlah proyek nasional di Provinsi NTT diantaranya ada 7 bendungan yang dibangun dimana bendungan sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Program nasional Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah dan destinasi wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat sebagai wisata super prioritas.

Provinsi NTT menjadi primadona baru di Indonesia yang mendorong Polri, TNI dan instansi pemerintah lainnya harus bersinergi guna mensukseskan agenda agenda nasional tersebut.

Lotharia Latif menyampaikan gambaran singkat kondisi geografis Provinsi NTT yang terdiri dari 5 pulau besar dan 3/4 wilayahnya adalah perairan.

FOLLOW US