• Nasional

Desak Pasukan Eritrea Tinggalkan Ethiopia, Ini Ungkapan Duta Besar AS!

Asrul | Sabtu, 17/04/2021 11:05 WIB
Desak Pasukan Eritrea Tinggalkan Ethiopia, Ini Ungkapan Duta Besar AS! Satuan tentara Ethiopia berpatroli di jalan-jalan wilayah Tigray, di Ethiopia utara pada tanggal 7 Maret 2021 [Minasse Wondimu Hailu / Anadolu Agency]

Jakarta, katantt.com - AS mendesak pasukan Eritrea untuk segera meninggalkan wilayah Tigray Ethiopia saat pemerintah Ethiopia meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia.

Linda Thomas-Greenfield, duta besar AS untuk PBB, mengungkapkan keprihatinan yang mendalam atas situasi kemanusiaan dan hak asasi manusia yang memburuk di wilayah Tigray, Ethiopia.

Dia mengatakan ada laporan yang dapat dipercaya bahwa pasukan Eritrea menyamakan kembali sebagai militer Ethiopia agar tetap di Tigray tanpa batas waktu.

"Pemerintah Eritrea harus segera menarik pasukannya dari Ethiopia," kata Thomas-Greenfield dilansir Middleeast Monitor, Sabtu (17/04).

Bulan lalu Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengatakan Eritrea telah setuju untuk menarik pasukannya dari wilayah Ethiopia di sepanjang perbatasan.

Abiy membuat pengumuman tersebut setelah dia kembali dari kunjungan resmi dua hari ke ibu kota Eritrea, Asmara.

Komisi Hak Asasi Manusia Ethiopia (EHRC) bulan lalu mengatakan lebih dari 100 warga sipil tewas di Axum, sebuah kota bersejarah di wilayah Tigray Ethiopia, oleh tentara Eritrea.

"Kami ngeri dengan laporan pemerkosaan dan kekerasan seksual kejam lainnya yang terus muncul," kata Thomas-Greenfield.

Ia menambahkan bahwa degradasi dan trauma yang terkait dengan serangan itu akan memiliki efek jangka panjang pada komunitas yang terkena dampak.

Dia juga mengutuk semua kekerasan seksual dan menuntut agar pelakunya diadili.

"Kami menyerukan lagi untuk diakhirinya permusuhan dan bagi pemerintah Ethiopia untuk menyelesaikan penyelesaian politik krisis; mengizinkan akses kemanusiaan tanpa hambatan; memungkinkan untuk penyelidikan internasional independen terhadap pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia; melindungi warga sipil; memberlakukan penarikan segera dari Pasukan wilayah Eritrea dan Amhara dari Tigray; dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia, "tambahnya.

Pada 4 November tahun lalu, Ethiopia melancarkan operasi penegakan hukum besar-besaran terhadap pasukan Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF) yang sampai sekarang sangat kuat, sekarang dilarang, setelah yang terakhir menyerbu komando tentara federal Ethiopia yang ditempatkan di Tigray, menewaskan tentara dan menjarah. perangkat keras militer yang cukup besar.

Pada 28 November, Abiy mengumumkan keterlibatan militer setelah jatuhnya ibu kota wilayah Mekele ke tentara federal. Tetapi pertempuran sporadis berlanjut di wilayah itu ketika ratusan ribu orang mengungsi secara internal dan lebih dari 60.000 melarikan diri ke tetangganya, Sudan.

AS telah berkomitmen tambahan $ 152 juta untuk membantu memenuhi kebutuhan kemanusiaan di Tigray.

Diperkirakan 5,2 juta orang di Tigray tidak aman pangan dan membutuhkan bantuan serta berisiko kelaparan, menurut pernyataan itu.

FOLLOW US