• Nasional

Serangan Israel ke Warga Palestina Meningkat, Begini Laporan PBB!

Asrul | Sabtu, 17/04/2021 11:19 WIB
Serangan Israel ke Warga Palestina Meningkat, Begini Laporan PBB! Warga Palestina memblokir jalan untuk menghentikan pemukim Israel lewat selama demonstrasi menentang pemukiman Yahudi di desa Kafr Malik di Tepi Barat yang diduduki Israel, pada tanggal 20 November 2020 [ABBAS MOMANI / AFP via Getty Images]

Jakarta, katantt.com - Pakar hak asasi manusia PBB memperingatkan bahwa serangan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Tepi Barat yang diduduki, termasuk serangan fisik dan penghancuran properti yang dilakukan oleh pemukim Israel, telah meningkat secara drastis dalam beberapa bulan terakhir.

Dilansir Middleeast, Sabtu (17/04), laporan itu menyebut bahwa lebih dari 210 insiden kekerasan oleh pemukim tercatat selama tiga bulan pertama tahun 2021, termasuk satu kematian warga Palestina.

Sepanjang tahun 2020, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mendokumentasikan 771 insiden kekerasan pemukim, yang menyebabkan luka-luka pada 133 warga Palestina, sebagian besar di wilayah Hebron, Yerusalem, Nablus dan Ramallah.
Mereka juga mendokumentasikan kerusakan yang disengaja yang menyebabkan 9.646 pohon dan 184 kendaraan.

Kelompok ahli untuk laporan tersebut termasuk Michael Lynk, pelapor khusus PBB tentang situasi hak asasi manusia di wilayah Palestina yang diduduki, Balakrishnan Rajagopal, pelapor khusus tentang perumahan yang layak dan hak untuk non-diskriminasi, dan pakar independen Claudia Mahler.

"Kami menyerukan kepada komunitas internasional untuk membebankan biaya yang berarti pada pendudukan Israel yang berlarut-larut, dan untuk menuntut agar kekuasaan pendudukan segera menghentikan perusahaan permukimannya," kata mereka.

"Warga Palestina harus dilindungi dari kekerasan pemukim dan pelakunya harus dimintai pertanggungjawaban atas tindakan mereka."

Laporan tersebut merujuk pada sebuah insiden di Hebron pada 13 Maret, yang melihat sebuah keluarga orang tua dan delapan anak Palestina diserang oleh sepuluh pemukim bersenjata. Anak-anak menjadi trauma dan orang tua dirawat di rumah sakit karena luka-luka mereka.

"Kami sangat khawatir dengan suasana impunitas di mana serangan-serangan ini terjadi."

Tadi malam, pemukim Israel masuk ke desa Jaloud di Tepi Barat utara, menebang pohon dan pagar yang mengelilingi sebidang tanah, mencuri peralatan dan menyebabkan kerusakan bahan konstruksi di situs tersebut, menurut Ghassan Daghlas, pejabat Palestina yang bertanggung jawab atas portofolio pemukiman di Tepi Barat bagian utara.

Dia memberi tahu Wafa bahwa pemukim dari pos pemukiman ilegal Ahla yang dibangun di atas tanah desa Jaloud membobol sebidang tanah milik seorang warga Palestina setempat yang berbasis di tenggara Nablus, menebang pohon yang baru-baru ini dia tanam, menuangkan 30 karung semen pada batang besi yang digunakan untuk konstruksi, dan mencuri peralatan bangunan.

Pemukim Israel , terutama sayap kanan ekstrim, jarang dimintai pertanggungjawaban oleh otoritas pendudukan. Memang, dalam banyak kasus, para pemukim yang melecehkan dan menyerang warga Palestina ditemani dan dilindungi oleh tentara Israel.

Mengacu pada Konvensi Jenewa Keempat, para ahli meminta Israel untuk mematuhi hukum internasional, yang mengharuskannya untuk melindungi penduduk di bawah pendudukan.

Setidaknya 600.000 pemukim Israel tinggal di lebih dari 250 permukiman ilegal di Tepi Barat yang diduduki. Menurut hukum internasional, Tepi Barat dan Yerusalem Timur diklasifikasikan sebagai wilayah Palestina yang diduduki dan semua permukiman Yahudi yang dibangun di sana dan para pemukim yang tinggal di dalamnya adalah ilegal.

FOLLOW US