• Nasional

Trump Luncurkan "Media Sosial" Tandingan

Asrul | Rabu, 05/05/2021 13:17 WIB
Trump Luncurkan "Media Sosial" Tandingan Donald Trump

Washington, Katantt.com - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah meluncurkan ruang di situs webnya di mana ia dapat memposting pesan yang dapat dibagikan oleh orang lain ke Twitter dan Facebook

Disadur dari Aljazeera, langkah tersebut diambil sehari sebelum keputusan dari dewan pengawas Facebook, di mana mereka mempertimbangkan apakah tetap menangguhkan Trump di platform tersebut.

Penasihat senior Trump, Jason Miller, mengatakan dalam tweet bahwa koleksi unggahan ini bukan platform media sosial bahwa Trump memiliki rencana untuk diluncurkan. "Kami akan memiliki informasi tambahan yang datang di depan itu dalam waktu dekat," kicaunya.

Situs ini, yang pertama kali dilaporkan oleh Fox News, dijuluki From the Desk of Donald J Trump alias Dari Meja Donald J Trump dan berisi posting dari Trump yang dapat dibagikan dan disukai.

Seorang sumber yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan situs tersebut dibangun oleh Campaign Nucleus, perusahaan layanan digital yang diciptakan oleh mantan manajer kampanye Trump, Brad Parscale.

Posting di situs mengulangi klaim palsu Trump bahwa ia kehilangan pemilihan 2020 karena penipuan pemilih yang meluas dan merendahkan rekan-rekan Republik yang telah mengkritiknya seperti Senator Mitt Romney dan Representative Liz Cheney.

Twitter dan Facebook sama-sama telah menghapus konten yang diunggah dari akun lain yang mereka katakan berusaha "mengakali" larangan mereka terhadap Trump.

Kedua perusahaan tersebut tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari bagaimana mereka akan memperlakukan posting yang dibagikan dari ruang baru.

Twitter, yang kerap digunakan Trump dan memiliki 88 juta pengikut, mengatakan larangannya bersifat permanen, bahkan jika dia mencalonkan diri lagi. Sedangkan YouTube mengatakan, akan memulihkan saluran Trump ketika risiko kekerasan telah dianggap menurun.

FOLLOW US