• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Minta ATK Kupang Hasilkan Produk Pertanian dan Peternakan

Semy Andy Pah | Rabu, 16/06/2021 19:06 WIB
Gubernur NTT Minta ATK Kupang Hasilkan Produk Pertanian dan Peternakan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat memberi sambuatan saat menyambangi Kampus Akademi Teknik Kupang.

katantt.com--Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat menyambangi Kampus Akademi Teknik Kupang (ATK), Selasa (15/6/2021).

Dalam kunjungan tersebut orang nomor satu di NTT ini melakukan pertemuan bersama para pengurus Kampus ATK dan meminta agar agar lulusan ATK bisa menghasilkan produk-produk yang membanggakan bagi Provinsi NTT.

"Saya punya mimpi kampus ini bukan hanya menghasilkan lulusan teknik tetapi juga bisa menghasilkan produk-produk mesin yang bagus dan berhasil serta dipakai oleh provinsi-provinsi lain," kata VBL.

Menurut VBL, kampus ATK dan lulusannya harus bisa bermimpi terhadap target-target industrialisasi.

Misalnya selama ini kita punya banyak komoditi unggulan tapi hanya jual komoditinya.

"Pengolahannya masih belum maksimal, maka kehadiran teknologi diperlukan untuk meningkatkan produktivitas komoditi kita menjadi tingkatan industri," jelasnya.

"Semua harus punya mimpi besar, kampus ini harus memberikan kebanggaan bagi kita. Harus bermanfaat bagi masyarakat," tambahnya.

Karena itu, VBL berharap, Kampus ATK bisa memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi masyarakat di pedesaan mengenai teknologi untuk pengairan pertanian serta mengenai teknologi peternakan.

"Kita bukan hanya bangun gedung tetapi bagaimana kampus mampu untuk mengajarkan atau mentransfer knowledge sampai ke desa-desa di NTT. Sekarang pendidikan jarak jauh mulai berkembang pesat," ujarnya.

Kampus ATK kata VBL, harus bisa memberikan pengetahuan melalui pendidikan jarak jauh untuk mengajarkan dan melatih SDM di desa-desa mengenai inovasi dan kreatifitas pemanfaatan teknologi untuk pertanian dan peternakan untuk mampu mendorong ekonomi NTT.

"Kita perlu lompatan-lompatan pada untuk bisa menjadi industrial," ujarnya.

Saat ini IT sudah sangat berkembang dan kita semua sudah saling terkoneksi dan dalam desain digitalisasi.

"Kampus ATK harus mengambil bagian untuk percepatan pembelajaran bersama anak-anak kita yang pintar dan hebat untuk bisa menghasilkan inovasi hebat bersama masyarakat," ujarnya. (siaranpers/biroadministrasisetdantt)

 

 

FOLLOW US