• Nasional

Korea Utara Harus Bersiap Dialog dan Konfrontasi dengan AS

Asrul | Jum'at, 18/06/2021 08:15 WIB
Korea Utara Harus Bersiap Dialog dan Konfrontasi dengan AS Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (foto: kompas)

Seoul, Katantt.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan, negaranya perlu bersiap untuk dialog dan konfrontasi dengan Amerika Serikat (AS) di bawah Presiden Joe Biden.

KCNA melaporkan, pada pertemuan pleno komite pusat Partai Buruh Korea yang berkuasa pada Kamis (17/6), Kim Jong Un menguraikan strateginya untuk hubungannya dengan Washington, dan kecenderungan kebijakan pemerintah AS yang baru muncul.

"Kim Jong Un menekankan perlunya bersiap untuk dialog dan konfrontasi, terutama untuk sepenuhnya siap menghadapi konfrontasi untuk melindungi martabat negara kita dan menjamin lingkungan yang damai," lapor KCNA.

Pemimpin Korea Utara menyerukan dengan tajam dan segera bereaksi dan mengatasi situasi yang cepat berubah dan upaya berkonsentrasi untuk mengambil kendali yang stabil dari situasi di semenanjung Korea.

Pyongyang menuduh Biden mengejar "kebijakan bermusuhan" dan mengatakan itu adalah "kesalahan besar" bagi veteran Demokrat untuk mengatakan dia akan menghadapi ancaman yang ditimbulkan program nuklir Korea Utara melalui diplomasi serta pencegahan yang keras".

Pada 2019, Korea Utara mengatakan Biden harus "dipukuli sampai mati dengan tongkat".

Pendahulu Biden, Donald Trump menjadi berita utama - tetapi sedikit kemajuan diplomatik - dengan serangkaian pertemuan tatap muka dengan Kim, sebuah kebijakan yang menurut Biden tidak akan dia kejar kecuali persyaratannya berubah secara dramatis.

Selama kunjungan ke Washington bulan lalu oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Biden mengatakan tidak akan bertemu Kim Jong Un kecuali ada rencana konkret untuk merundingkan persenjataan nuklir Pyongyang.

Dan dia membuat kritik yang jelas terhadap hubungan akrab Trump dengan Kim, dengan mengatakan dia "tidak akan melakukan apa yang telah dilakukan di masa lalu. Saya tidak akan memberikan semua yang dia cari - pengakuan internasional".

Gedung Putih mengatakan sekarang sedang mengejar "pendekatan praktis yang terkalibrasi" - jargon diplomatik, tampaknya, karena secara realistis rendah hati, sementara berpikiran terbuka.

"Kami memahami di mana upaya sebelumnya di masa lalu mengalami kesulitan dan kami telah mencoba belajar dari itu," kata seorang pejabat senior Gedung Putih.

Korea Utara telah melakukan enam tes bom atom sejak tahun 2006. Korea Utara berada di bawah beberapa set sanksi internasional untuk program senjata terlarangnya.

Sebuah laporan dari pakar intelijen AS yang dirilis pada April mengatakan Korea Utara dapat melanjutkan uji coba nuklir tahun ini sebagai cara untuk memaksa pemerintahan Biden kembali ke meja perundingan.

"Kim Jong Un mungkin mengambil sejumlah tindakan agresif dan berpotensi mengganggu stabilitas untuk membentuk kembali lingkungan keamanan regional dan mendorong perpecahan antara AS dan sekutunya - hingga dan termasuk dimulainya kembali uji coba senjata nuklir dan rudal balistik antarbenua (ICBM)," kata kantor Direktur Intelijen Nasional. (AFP)

FOLLOW US