• Nasional

Keluarkan Peringatan COVID-19, Penerbangan Australia-Selandia Baru Diperketat

Asrul | Rabu, 23/06/2021 10:20 WIB
Keluarkan Peringatan COVID-19, Penerbangan Australia-Selandia Baru Diperketat Penumpang menunggu di konter check-in untuk penerbangan Selandia Baru di Bandara Internasional Sydney pada 19 April 2021, ketika Australia dan Selandia Baru membuka gelembung perjalanan bebas karantina trans-Tasman. (AFP/Saeed Khan)

Sydney, katantt.com - Penumpang dalam dua penerbangan antara Australia dan Selandia Baru telah diperintahkan untuk segera mengisolasi dan menjalani tes COVID-19 setelah pihak berwenang melacak seorang pelancong yang dinyatakan positif di Sydney setelah mengunjungi Wellington.

Kasus tersebut, yang menambah wabah COVID-19 yang berkembang di Sydney, mendorong pihak berwenang Selandia Baru menangguhkan perjalanan bebas karantina ke dan dari negara bagian New South Wales selama tiga hari mulai tengah malam pada Selasa (22/6).

Penerbangan Qantas ke Wellington pada Jumat dan penerbangan Air New Zealand ke Sydney pada Senin ditambahkan ke daftar "hot spot" virus yang dibuat oleh otoritas Australia.

Daftar tersebut telah bertambah dengan 21 infeksi terdeteksi selama enam hari terakhir di New South Wales, negara bagian terpadat di Australia.

Masker telah diwajibkan di semua lokasi dalam ruangan di ibu kota negara bagian Sydney dalam upaya untuk menahan varian Delta, yang telah diklasifikasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebagai salah satu dari empat varian COVID-19 yang menjadi perhatian.

Kasus pelancong juga telah mendorong pejabat kesehatan Selandia Baru untuk mempertimbangkan penguncian di Wellington, dengan pihak berwenang mengatakan orang tersebut kemungkinan mengunjungi beberapa lokasi wisata populer di kota itu.

Selandia Baru dan Australia membuka apa yang disebut gelembung perjalanan pada bulan April. Ada penangguhan berkala yang ditargetkan sejak saat itu karena wabah kecil di Australia.

Penguncian cepat, aturan jarak sosial yang ketat, dan pelacakan kontak yang cepat telah membantu Australia dan Selandia Baru untuk menahan wabah dan menjaga jumlah COVID-19 mereka relatif rendah.

Selandia Baru melaporkan kasus yang didapat secara lokal terakhir pada bulan Februari sementara Australia memiliki wabah sporadis.

Australia telah melaporkan lebih dari 30.350 kasus dan 910 kematian sejak pandemi dimulai, sementara Selandia Baru mencatat lebih dari 2.300 kasus yang dikonfirmasi dan 26 kematian. (Reuters)

FOLLOW US