• Nusa Tenggara Timur

Bupati Kupang Resmikan Gereja St. Leonardus Manusak

Semy Andy Pah | Sabtu, 26/06/2021 07:02 WIB
Bupati Kupang Resmikan Gereja St. Leonardus Manusak Bupati Kupang Korinus Masneno menggunting pita sebagai tanda diresmikannya Gereja Katolik Co. Santo Leonardus Manusak disaksikan Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang.Pr.

katantt.com--Bupati Kupang Korinus Masneno menghadiri misa pentahbisan dan peresmian Gereja Katolik Co. Santo Leonardus Manusak Paroki Sta. Maria Fatima Taklale, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang Jumat ( 25/6/2021).

Sebelum misa pemberkatan gedung gereja baru oleh Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr, dilakukann pengguntingan pita oleh Bupati Kupang Korinus Masneno.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Uskup Agung Kupang dan Gubernur NTT yang diwakilkan oleh Asisten I Sekda Prov. NTT, Benyamin Lola.

Seusai misa, Uskup Agung Kupang, Petrus Turang mengucapkan terima kasih kepada panitia pembangunan gereja dan seluruh umat, para dermawan yang ikut ambil bagian dalam pembangunan gereja baru ini.

Petrus Turang berharap, rumah Tuhan yang ditahbiskan ini, menjadi rumah keselamatan dan rahmat, tempat umat Kristiani berhimpun dalam kesatuan membangun umatnya dalam cinta dan kasih.

Pembangunan gedung gereja ini menghabiskan dana senilai Rp.2.124.865.000 dengan sumber dana berasal dari swadaya umat Rp 924.865.000, para donator dan pihak lain Rp 1.200.000.000.

Dengan jumlah umat 2.832 jiwa dari 596 KK maka umat gereja ini berharap status gereja St. Leonardus dinaikkan menjadi Kuasi atau Paroki.

Rasa syukur atas pembangunan gedung Gereja tersebut disampaikan pula oleh

Bupati Kupang, Korinus Masneno mengaku satu tahun empat bulan yang lalu, dirinya bersama Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung gereja ini.

Pembangunan yang tidak membutuhkan waktu pengerjaan yang lama.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kupang, saya sampaikan terima kasih kepada bapak uskup, para pastor serta seluruh panitia yang telah memberikan ruang kepada pemerintah untuk dapat bersukacita bersama umat pada peresmian gereja ini," katanya.

Ia mengakui bahwa peran gereja Katolik selama ini telah memberikan dampak positif terhadap berbagai bidang pembangunan di negeri ini.

Di bidang lingkungan hidup misalnya, gereja Katolik dalam keprihatinannya terhadap situasi kerusakan lingkungan hidup, mengeluarkan nota pastoral dengan tema, keterlibatan gereja dalam melestarikan keutuhan ciptaan.

Hasilnya, gereja Katolik dengan edukasi, advokasi dan negosiasi mampu menyadarkan umat akan pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan ciptaan Tuhan, sekaligus menjadi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam komitmen pelestarian lingkungan hidup.

Banyak bukti konkret lain akan peran gereja dalam pembangunan daerah menjadi maju dan sejahtera.

Gereja dan pemerintah menurut Korinus Masneno, menjalankan perannya masing-masing demi satu tujuan yaitu memanusiakan manusianya menuju hidup lebih baik serta membangun diri lebih bijak menuju perubahan.

Berbagi kebahagiaan bersama umat Stasi St. Leonardus, maka diakhir acara, Bupati Kupang Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe memeriahkan acara ini dengan menari selendang, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

 

FOLLOW US