• Nasional

Unesco Minta Hentikan Proyek di Taman Nasional Komodo

Imanuel Lodja | Rabu, 04/08/2021 09:46 WIB
 Unesco Minta Hentikan Proyek di Taman Nasional Komodo Viktor Bungtilu Laiskodat

katantt.com--Komite Warisan Dunia (WHC) United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization(Unesco) meminta pemerintah Indonesia untuk menghentikan seluruh pembangunan proyek sementara di Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat hingga Pemerintah Indonesia mengumpulkan revisi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang ditinjau oleh Uni Internasional Konservasi Alam (IUCN).

Permintaan tersebut tertuang dalam dokumen Komite Warisan Dunia Unesco bernomor WHC/21/44.COM/7B yang diterbitkan setelah konvensi online pada 16-31 Juli 2021.

Menanggapi hal itu Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat berterima kasih kepada Unesco, karena ikut memperhatikan aset-aset bangsa khususnya Taman Nasional Komodo, yang menjadi konservasi alam dan juga kebanggaan NTT.

Menurut Viktor, apa yang dikerjakan oleh Pemerintah Indonesia yang telah disetujui bersama juga oleh Presiden Jokowi, untuk membantu agar Taman Nasional itu mempunyai manfaat ekonomi yang luar biasa.

“Untuk pihak-pihak yang mungkin kurang setuju dengan apa yang sudah dilakukan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi NTT, agar bisa melakukan riset lanjutan dan juga berdiskusi bersama kami," katanya, Rabu (4/8/2021).

Pemerintah provinsi NTT tetap menerima aspirasi Unesco. Namun diharapkan, Unesco juga memahami bahwa apa yang dikerjakan pemerintah tersebut, dalam rangka untuk menjaga habitat Komodo serta biota laut, yang dirusak oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

“Sudah diputuskan bahwa dari seluruh pulau-pulau dan laut serta kekayaan alam, kita sepakati untuk pulau Rinca kita tetapkan sebagai pulau untuk mass tourism (pariwisata masif). Pulau ini menjadi habitat komodo dan dengan ditetapkan sebagai mass tourism, tentunya kita perlu mengembangkannya. Karena itu di Pulau Rinca kita desain dan dibuat tempat untuk para pejalan kaki, sehingga mereka aman dan juga dibangun dermaga yang layak bagi kapal pengunjung,” ungkap Viktor.

Ia berharap, hasil pengembangan Taman Nasional Komodo akan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat setempat.

"Jadi ekonomi mereka bertumbuh dari pariwisata yang berkembang, dengan juga dari kedatangan pengunjung yang membawa dampak ekonomi,” imbuhnya.

FOLLOW US