• Nusa Tenggara Timur

Novita Agustina Lamma, Polwan Yang jadi Wartawan di Polda NTT

Imanuel Lodja | Rabu, 01/09/2021 13:10 WIB
Novita Agustina Lamma, Polwan Yang jadi Wartawan di Polda NTT Novita Agustina Lamma

katantt.com--Tidak banyak anggota polisi yang bisa menjalankan peran sebagai wartawan. Pekerjaan menyajikan berita dan foto dalam bentuk tulisan mungkin jauh dari tugas pokok anggota Polri.

Namun Aipda Novita Agustina Lamma, anggota bidang Humas Polda NTT bisa menjalankan peran tersebut sejak beberapa tahun lalu hingga saat ini.

Sebagai pengelola tribratanews.com yang merupakan media Polda NTT, Novita setiap hari harus menjalankan peran sebagai wartawan yang mencari dan menyajikan berita seputar Polda NTT dan Polres jajaran.

Peran kehumasan dan tugas wartawan ini dijalani sejak menjadi bagian dari bidang Humas Polda NTT.

Awalnya, Polwan kelahiran 13 November 1984 ini mengelola majalah tribrata yang terbit dua kali dalam setahun kemudian menjadi 4 kali dalam setahun atau per triwulan.

Sejalan dengan era digital, Bidang Humas Polda NTT memiliki portal berita online yang bisa menyajikan berita secara cepat dan tepat. Aipda Novita pun mengelola portal berita ini bersama beberapa penulis lainnya yang juga anggota Polri.

Menulis satu peristiwa menjadi sebuah berita awalnya merupakan pekerjaan asing baginya. Namun sejumlah latihan dan pendidikan kehumasan maupun ilmu wartawan termasuk fotografi dijalani di Divisi Humas Polri maupun oleh lembaga lain yang digelar Mabes Polri.

Berbekal ilmu dan pengalaman ini, Aipda Novita pun mulai menjalani perannya sebagai wartawannya Polda NTT.

Setiap peristiwa di Polda NTT selalu disajikan dalam portal berita yang ada secara cepat.

"Awalnya sulit juga menulis dan membuat berita. Namun kita banyak belajar dari internal Polri maupun dari eksternal dari rekan wartawan sehingga kita bisa menulis berita dengan baik," ujar Novita yang juga mendapat sertifikasi jurnalis tahun 2016 lalu.

Sehari-hari, ibu dari Ryan, Gery dan Gerald ini menjalankan tugas sebagai penulis dan editor berita-berita diseputaran Polda NTT dan Polres jajaran untuk disajikan di portal berita Polda NTT.

Peran yang sudah dijalani jebolan Sepolwan Polri tahun 2003 lalu ini dianggap sebagai tantangan dan tugas mulia.
Setiap berita disajikan dengan tetap berpedoman pada kaidah jurnalistik serta menampilkan peran Polri dalam melayani masyarakat.

Di HUT ke-73 Polwan yang jatuh pada tanggal 1 September 2021 ini, Aipda Novita berharap Polwan bisa berbuat lebih baik lagi di bidang tugas masing-masing.

Khusus di bidang kehumasan, Aipda Novita yang pernah bertugas di Satuan Lalu Lintas Polres Belu ini berharap peran Polwan dalam penyajian berita-berita bisa lebih diefektifkan dan masyarakat pun mendapat pemahaman yang baik tentang kinerja kepolisian di Polda NTT.

FOLLOW US