• Nusa Tenggara Timur

Kapal Pesiar Terbakar di Perairan Labuan Bajo

Imanuel Lodja | Jum'at, 10/09/2021 20:14 WIB
Kapal Pesiar Terbakar di Perairan Labuan Bajo Inilah kapal pesiar Lexxy terbakar di perairan Manjarite, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat namun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

katantt.com--Satu unit kapal pesiar Lexxy terbakar di perairan Manjarite, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Jumat (10/9/2021).

Kapal ini diawaki 7 anak buah kapal (ABK) dan memuat 21 orang tamu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Demikian pula tidak ada korban luka. Tamu dan ABK berhasil dievakuasi dan semuanya selamat.

Diperoleh informasi kalau pada Jumat (10/9/2021), sekitar pukul 15.00 wita kapal Lexxy yang memuat puluhan tamu yang menyewa kapal tersebut sedang melakukan persiapan untuk snorkling.

Saat pemberangkatan, ABK menyadari listrik padam dan segera memeriksa genset (generator set) yang berada di top deck.

Saat itu ada nyala api membakar kapal. Diketahui api menyala karena ada konsleting listrik dari genset. Api menyala membakar fiber dan rumput sintetis di atas kapal.

ABK berusaha mencoba memadamkan api menggunakan APAR yang ada diatas kapal. Namun karena angin kencang, api sulit untuk dipadamkan. Hampir dua jam dilakukan upaya pemadaman.

Sekitar pukul 16.30 wita api berhasil dipadamkan, proses pemadaman nyala api dibantu dengan kapal yang berada di sekitar.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dari kejadian kebakaran ini. Diperoleh pula informasi kalau mesin induk dan alat navigasi kapal tersebut masih berfungsi dengan normal.

Sementara itu 21 tamu yang menyewa kapal tersebut sudah dievakuasi kapal lain dan sudah kembali ke Labuan Bajo.

Sedangkan 7 ABK membawa kapal lexxy menuju ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat untuk perbaikan.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Haryo Wibowo, SIK belum berhasil dikonfirmasi terkait insiden ini.

Sementara Direktur Polair Polda NTT, Kombes Pol Nyoman Budiarsa, SIK membenarkan adanya kejadian ini. "Cuma kebakaran genset," tandasnya saat dihubungi, Jumat (10/9/2021) malam.

FOLLOW US