• Nusa Tenggara Timur

Inovasi Kapolda NTT Bentuk Pasukan Satwa Berkuda untuk Melayani Masyarakat

Imanuel Lodja | Senin, 13/09/2021 10:03 WIB
Inovasi Kapolda NTT Bentuk Pasukan Satwa Berkuda untuk Melayani Masyarakat Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif mengecek langsung kondisi salah satu kuda yang bakal tergabung dalam pasukan satwa berkuda Polda NTT ddalam melayani masyarakat.

katantt.com--Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH MHum kembali melakukan terobosan dalam pelayanan. Sebagai Polda yang memiliki simbol kuda, Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif ingin menyiapkan pasukan berkuda dalam pelayanan.

"Polda (NTT) ini simbolnya kuda, namun hingga saat ini belum memiliki kuda," ujar Lotharia Latif, Senin (13/9/2021) di Mapolda NTT.

Orang nomor satu di Polda NTT ini pun sedang menyiapkan pasukan berkuda untuk tugas-tugas kepolisian dalam pelayanan dan perlindungan masyarakat.

"Kami sedang siapkan Polda NTT punya pasukan berkuda," tambah jenderal polisi bintang dua ini.

Polda NTT pun sedang menyiapkan 8 ekor kuda untuk pelayanan kepolisian. Saat ini, sedang menyiapkan dan membangun tempat penampungan kuda di dekat Lanudal Kupang.

"Nanti (kuda-kuda) akan kita tampilkan untuk pelayanan kepolisian," ujarnya.
.
Dalam waktu dekat, Polda NTT untuk pertama kalinya memiliki pasukan berkuda Polri.

Sabtu (11/9/2021), Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH MHum meninjau pembuatan tempat perawatan dan kandang ranch kuda Polda NTT di hanggar Pol Udara Ditpolair Polda NTT.

Lotharia Latif mengatakan bahwa tujuan pembuatan tempat perawatan dan kandang ranch kuda Polda NTT adalah dalam rangka rencana pembentukan pasukan satwa berkuda Polda NTT.

"Pembuatan kandang ranch kuda Polda NTT ini dalam rangka pembentukaan pasukan satwa berkuda di wilayah hukum Polda NTT. Pasukan satwa berkuda ini akan melaksanakan patroli di wilayah hukum Polda NTT baik di perkotaan maupun menjangkau wilayah pedesaan," jelasnya.

Patroli berkuda ini akan sangat bermanfaat mengingat sebagai wilayah pedesaan yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun roda dua dapat menggunakan kuda.

"Kuda yang ada di Ditsamapta Polda NTT ini selain diperuntukan dalam tugas penjagaan, patroli dan pengawalan, dalmas (pengendalian massa), juga dilibatkan dalam SAR saat ada kegiatan," tandasnya.

Saat Kapolda mengecek, kondisi kuda patroli tersebut di bawah pengawasan dan perawatan oleh unit Satwa Ditsamapta Polda NTT dalam keadaan sehat dan siap untuk bertugas melaksanakan pemantauan situasi Kamtibmas. Saat ini kuda tersebut dijaga oleh personel Ditsamapta Polda NTT.

FOLLOW US