• Nasional

Korea Utara Uji Coba Rudal Jelajah dengan Kemungkinan Kemampuan Nuklir

Asrul | Senin, 13/09/2021 12:37 WIB
Korea Utara Uji Coba Rudal Jelajah dengan Kemungkinan Kemampuan Nuklir Gambar kombo tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 13 September 2021 menunjukkan uji coba rudal jelajah jarak jauh tipe baru pada 11 dan 12 September 2021, yang dilakukan oleh Akademi Ilmu Pertahanan DPRK. (Foto: STR/KCNA via KNS/AFP)

Seoul, Katantt.com -  Korea Utara berhasil melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh baru selama akhir pekan, yang dipandang oleh para analis sebagai senjata pertama negara tersebut dengan kemampuan nuklir.

"Rudal-rudal itu adalah senjata strategis yang sangat penting dan terbang 1.500 km sebelum mengenai sasaran mereka dan jatuh ke perairan teritorial negara itu selama uji coba pada Sabtu (11/9) dan Minggu (12/9)," kata KCNA.

Tes terbaru menyoroti kemajuan yang stabil dalam program senjata Pyongyang di tengah kebuntuan pembicaraan yang bertujuan membongkar program nuklir dan rudal balistik Korea Utara dengan imbalan keringanan sanksi Amerika Serikat (AS). Pembicaraan terhenti sejak 2019.

Rudal jelajah Korea Utara biasanya kurang diminati daripada rudal balistik karena tidak secara eksplisit dilarang di bawah Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

"Ini akan menjadi rudal jelajah pertama di Korea Utara yang secara eksplisit ditunjuk sebagai peran `strategis`," kata Ankit Panda, seorang rekan senior di Carnegie Endowment for International Peace yang berbasis di AS. "Ini adalah eufemisme umum untuk sistem berkemampuan nuklir."

Tidak jelas apakah Korea Utara telah menguasai teknologi yang dibutuhkan membangun hulu ledak yang cukup kecil untuk dibawa pada rudal jelajah, tetapi pemimpin Kim Jong Un mengatakan awal tahun ini bahwa mengembangkan bom yang lebih kecil adalah tujuan utama.

Kedua Korea telah terkunci dalam perlombaan senjata yang dipercepat yang dikhawatirkan para analis akan membuat kawasan itu dipenuhi dengan rudal baru yang kuat.

Militer Korea Selatan tidak mengungkapkan apakah mereka telah mendeteksi tes terbaru Korea Utara, tetapi mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya sedang melakukan analisis rinci bekerja sama dengan AS.

Komando Indo-Pasifik militer AS (INDOPACOM) mengatakan pihaknya mengetahui laporan tersebut dan berkoordinasi dengan sekutu dan mitranya.

"Kegiatan ini menyoroti fokus (Korea Utara) yang terus mengembangkan program militernya dan ancaman yang ditimbulkan terhadap tetangganya dan masyarakat internasional," kata INDOPACOM dalam sebuah pernyataan.

Rodong Sinmun, surat kabar resmi Partai Buruh yang berkuasa, memuat foto-foto rudal jelajah baru yang sedang terbang dan ditembakkan dari peluncur pengangkut-erektor.

"Tes tersebut memberikan signifikansi strategis untuk memiliki sarana pencegahan lain yang efektif untuk menjamin keamanan negara kita dan secara kuat menahan manuver militer pasukan musuh," kata KCNA.

"Dalam kursus ini, tes rinci bagian rudal, sejumlah tes dorong tanah mesin, berbagai tes penerbangan, tes kontrol dan bimbingan, tes kekuatan hulu ledak dan lain-lain dilakukan dengan sukses," sambungnya.

Itu dilihat sebagai peluncuran rudal pertama Korea Utara setelah menguji rudal balistik jarak pendek taktis baru pada bulan Maret. Korea Utara juga melakukan uji coba rudal jelajah hanya beberapa jam setelah Presiden AS Joe Biden menjabat pada akhir Januari.

Seorang peneliti rudal di James Martin Center for Nonproliferation Studies, Jeffrey Lewis mengatakan rudal jelajah serangan darat jarak menengah tidak kurang merupakan ancaman daripada rudal balistik dan merupakan kemampuan yang cukup serius bagi Korea Utara.

"Ini adalah sistem lain yang dirancang untuk terbang di bawah radar pertahanan rudal atau di sekitarnya," kata Lewis di Twitter.

Rudal jelajah dan rudal balistik jarak pendek yang dapat dipersenjatai dengan bom konvensional atau nuklir sangat mengganggu kestabilan jika terjadi konflik karena tidak jelas jenis hulu ledak yang mereka bawa, kata para analis.

Kim Jong Un tampaknya tidak menghadiri tes tersebut. KCNA mengatakan bahwa Pak Jong Chon, anggota politbiro kuat Partai Buruh dan sekretaris komite pusatnya, mengawasi peluncuran tersebut.

Korea Utara yang tertutup telah lama menuduh AS dan Korea Selatan mempraktikan kebijakan bermusuhan terhadap Pyongyang.

Pembukaan uji coba itu dilakukan hanya sehari sebelum kepala negosiator nuklir dari AS, Korea Selatan dan Jepang bertemu di Tokyo untuk mencari cara memecahkan kebuntuan dengan Korea Utara.

Menteri luar negeri China, Wang Yi, juga dijadwalkan mengunjungi Seoul pada Selasa untuk melakukan pembicaraan dengan rekannya, Chung Eui-yong.

Pemerintahan Biden mengatakan pihaknya terbuka untuk diplomasi untuk mencapai denuklirisasi Korea Utara, tetapi tidak menunjukkan kesediaan untuk melonggarkan sanksi.

Sung Kim, utusan AS untuk Korea Utara, mengatakan pada bulan Agustus di Seoul bahwa dia siap untuk bertemu dengan pejabat Korea Utara di mana saja, kapan saja".

Pengaktifan kembali hotline antar-Korea pada bulan Juli meningkatkan harapan memulai kembali negosiasi, tetapi Korea Utara berhenti menjawab panggilan ketika latihan militer tahunan Korea Selatan-AS dimulai bulan lalu, yang telah diperingatkanPyongyang dapat memicu krisis keamanan.

Dalam beberapa pekan terakhir, Korea Selatan menjadi negara non-nuklir pertama yang mengembangkan dan menguji rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. (Reuters)

FOLLOW US