• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Bagi 350 Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Pulau Semau

Djemi Amnifu | Sabtu, 02/10/2021 08:51 WIB
 Gubernur NTT Bagi 350 Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Pulau Semau Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) didampingi Kakanwil ATR/BPN NTT Jaconias Walalayo menyerahkan sertifikat retribusi tanah objek reforma agraria di Desa Naikean, Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang.

katantt.com--Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) didampingi Kakanwil ATR/BPN NTT Jaconias Walalayo bersama Wabup Kupang, Jerry Manafe menyerahkan sertifikat retribusi tanah objek reforma agraria di Desa Naikean, Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang Jumat, (1/10/2021).

Gubernur NTT Viktor Laiskodat memberi apresiasi dan hormat kepada BPN/ATR NTT beserta jajarannya karena telah memberikan sertifikat tanah kepada masyarakat di Pulau Semau.

"Saya memberikan apresiasi dan hormat kepada BPN Provinsi NTT dan Kabupaten Kupang atas kerja luar biasa yang dilakukan sehingga pada hari ini dapat membagikan 350 sertifikat tanah di tempat ini," kata Viktor.

Ia menyebut peristiwa ini menjadi sebuah paradigma pelayanan publik yang telah berubah khususnya pemberian kepastian kepemilikan tanah dari BPN/ATR. M

"Momentum ini menjadi satu kesatuan semangat perubahan untuk kita membawa provinsi ini menjadi provinsi yang maju, dibanggakan dan selalu mendapat pujian karena kerja-kerja yang hebat dan luar biasa yang diberikan oleh setiap pelayan publik kepada masyarakat," katanya.

Ia mensyukuri bahwa lewat keluarga yang telah memenangkan perkara di Desa Naikean tidak mengutamakan asas legalitas yang dimiliki tetapi dengan semangat kemenangan mereka berbagi bersama-sama.

Karena itu, Viktor mengaku akan terus mendorong pembangunan infrastruktur di daerah terpencil di NTT serta diharapkan ke depan masyarakat dapat menggunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Sebagai gubernur, tetap mendorong pembangunan infrastruktur di seluruh daerah-daerah terpencil di NTT. Ke depan ruas jalan nasional akan dibangun mengelilingi pulau ini atas berkat restu dari Presiden Jokowi karena kecintaannya kepada NTT," jelas Viktor.

Ia meminta supaya tanah tersertifikasi ini ditanami bawang sehingga dapat memproduksi bawang goreng terbaik dari NTT.

"Saya terus mendorong agar sertifikasi tanah rakyat terus dapat dilakukan sehingga kepastian kepemilikan dapat dimiliki masyarakat, ke depan tidak akan ada lagi sengketa-sengketa yang dapat merugikan masyarakat," tegasnya.

Sementara Kakanwil ATR/BPN NTT, Jaconias Walalayo mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah menyerahkan sertifikat redistribusi tanah Reforma Agraria dan hasil penyelesaian sengketa konflik pertanahan sebanyak 128.120 sertifikat di 26 provinsi dan 127 kabupaten/kota.

"Di NTT sendiri Presiden menyerahkan 4168 sertifikat dari target kita tahun ini adalah 11.913 bidang di 17 Kabupaten," ucap Jaconias

Menurut dia, kegiatan retribusi tanah di Kabupaten Kupang sesuai dengan target 1500 bidang di dua kecamatan yaitu Kecamatan Amarasi Selatan dan Semau Selatan.

Di Kecamatan Semau Selatan tepatnya di Desa Naikean sebanyak 350 bidang diberikan kepada 134 KK dengan luas tanah 191,24 hektar.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah menyerahkan tanah kepada Ketua Gugus Tugas Reforma Agraria NTT untuk kami tata kembali peruntukan dan pemanfaatannya melalui kegiatan redistribusi tanah yang hari ini diserahkan kembali kepada masyarakat," jelasnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat selaku Kepala Gugus Tugas Reforma Agraria NTT yang telah memberikan dukungan dan petunjuk sehingga sertifikasi bidang tanah dapat berjalan dengan baik.

Kepala Desa Naikean, Sefanya Patola mengatakan bahwa kegiatan pembagian sertifikat tanah Retribusi Tanah Objek Reforma Agraria baru pertama kali terjadi di desa tersebut..

Ia menyampaikan terima kasih yang tinggi kepada Gubernur VBL selaku Kepala Gugus Tugas Reforma Agraria NTT beserta Kakanwil ART/BPN NTT yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. (sp/biroadpim/setdantt)

 

FOLLOW US