• Nusa Tenggara Timur

Kapolri Apresiasi Bhabinkamtibmas Kelurahan Liliba Terapkan PPKM

Imanuel Lodja | Senin, 18/10/2021 16:20 WIB
Kapolri Apresiasi Bhabinkamtibmas Kelurahan Liliba Terapkan PPKM Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif didamping Wakapolda NTT, Brigjen Pol Ama Kliment Dwikorjanto menyerahkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo kepada Bhabinkamtibmas Kelurahan Liliba, Polres Kupang Kota, Bripka Andri Alsastro Pratama Non yang dinilai sukses menerapkan PPKM di wilayah kerjanya.

katantt.com--Bhabinkamtibmas Kelurahan Liliba, Polres Kupang Kota, Polda NTT Bripka Andri Alsastro Pratama Non dinilai sukses menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah kerjanya.

Kapolri, Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo pun memberikan apresiasi berupa penghargaan yang diberikan Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH, MHum, di Mapolda NTT.

Bripka Andri Alsastro Pratama Non menerima penghargaan dari Kapolri sesuai Surat Keputusan Kapolri nomor KEP/991/VI/2021 tanggal 7 Juni 2021 sebagai perangkat Posko PPKM yang memiliki kategori sangat baik dengan indikator efektivitas, tracing dan ketersediaan Posko pada 34 Provinsi dalam rangka penanggulangan Covid-19.

Atas prestasi nya ini, anggota Polsek Oebobo, Polres Kupang ini mendapat poin 15,05 dengan nilai efektivitas sebesar 24,20 persen dan tracing 10,00 persen.

Menurutnya penghargaan ini, menjadi pemacu semangat bagi dirinya pribadi dan institusi Polri, yang telah sukses meraih predikat terbaik pada penilaian PPKM di wilayah kerjanya.

"Hal ini menjadi penyemangat bagi saya pribadi maupun sebagai anggota Polri serta motivasi guna lebih giat lagi meningkatkan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat", ujar Bripka Andri Alsastro Pratama Non saat ditemui di Polsek Oebobo, Senin (18/10/2021).

Ia mengakui kalau pengabdian yang dilakukan selama ini tanpa pamrih serta tanpa penghargaan pun tetap giat melaksanakan tugas bagi masyarakat.

Ia menyebutkan bahwa sebelum dan setelah penerapan PPKM, ia telah menggandeng tokoh agama, tokoh masyarakat, LPM, karang taruna, ketua RT dan RW di Kelurahan Liliba untuk gencar melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan penerapan edaran pemerintah mengenai pembatasan kegiatan masyarakat dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus covid 19.

Disela-sela kegiatan sosialisasi, ia pun membagikan masker gratis serta rutin melakukan operasi PPKM setiap malam.

Patroli jam operasi rumah makan juga selalu dilakukan guna mengingatkan pelaku usaha rumah makan agar membatasi jam pelayanan makanan.

Selain itu kegiatan tracking kepada pasien Covid-19 juga selalu dilakukan. Ia bersyukur hingga saat ini tersisa 6 warga di Kelurahan Liliba yang masih Covid-19.

Namun selama masa pandemi Covid-19 ini, ada 11 orang warga Kelurahan Liliba meninggal dunia karena terkena Covid-19.

Setiap hari, ia dan Lurah serta warga masyarakat rutin turun ke lapangan dan setiap malam minggu melakukan patroli kesehatan untuk mengingatkan soal prokses.

"Saya bersyukur, warga di Kelurahan Liliba sudah taat dan bisa dikondisikan," ujar Bhabinkamtibmas yang mengemban tugas tersebut sejak tahun 2019 lalu.

Di sisi lain, sudah 60 persen warga di Kelurahan Liliba mendapatkan vaksin dan ia terus melakukan sosialisasi agar warga mengikuti vaksin demi kesehatan masyarakat.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH, MHum, menyampaikan bahwa, keberhasilan yang telah diraih merupakan hal yang membanggakan dan layak untuk diberikan apresiasi atas kinerja yang telah ditunjukan.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari kemampuan dan kemauan yang tinggi dan dengan dibarengi rasa tanggung jawab serta pengawasan dalam pelaksanaannya.

“Jadikan momen ini sebagai titik awal dalam meningkatkan kinerja sehingga keberadaan kita di tengah-tengah masyarakat dapat dirasakan manfaatnya," ujar Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH, MHum.

"Saya berharap reward yang didapat oleh Bripka Andri Alsastro ini dapat dijadikan sebagai suri tauladan kepada anggota lainnya. Terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini tidak mudah dalam melaksanakan tugas Kepolisian," tandas jenderal polisi bintang dua ini.

FOLLOW US