• Nusa Tenggara Timur

Fatukoa Disiapkan Jadi Tempat Relokasi Korban Badai Seroja

Semy Andy Pah | Sabtu, 23/10/2021 08:33 WIB
Fatukoa Disiapkan Jadi Tempat Relokasi Korban Badai Seroja Beny Sain

katantt.com--Lahan seluas 10,9 hektare di Kelurahan Fatukoa Kota Kupang tengah dipersiapkan sebagai tempat relokasi rumah bagi korban terdampak badai Seroja April 2021 lalu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kota Kupang, Beni Sain, Jumat (22/10/2021) mengatakan bahwa survei dan evaluasi di lapangan akan dilakukan segera.

Beni memastikan sertifikat lahan yang direncanakan sebagai wilayah relokasi ini adalah milik Pemerintah Kota Kupang saat ini.

"Kalau sertifikat dari penjual ada cuma belum cek lagi di lapangan. Lima sertifikat kita beli dari warga dan itu sudah dari jaman lalu sudah jadi sekarang milik Pemkot," katanya.

Pengecekan batas akan dilakukan terutama di lahan 10,9 hektare itu, sebut Beni, terdapat kantor lurah dan salah satu sekolah tingkat SMA.

"Untuk 10,9 hektare tapi perlu pengecekan batas ulang. Itu tanah Pemkot Kupang," tegasnya lagi.

Ia menyampaikan rumah relokasi yang dibutuhkan sebanyak 328 unit rumah dan sementara dibangun sebanyak 173 unit rumah. Sisanya membutuhkan lahan selain di Manulai II sehingga Fatukoa dipilih untuk relokasi.

Menurut Beni, di Kelurahan Manulai II dibangun pada 4 segmen atau 4 bidang tanah secara terpisah. Keseluruhan luasnya mencakup 2,9 hektar lahan.

Rumah layak huni yang dibangun ini sesuai dengan standar teknis Kementerian PUPR yaitu tipe 36 dan diperkirakan selesai Desember tahun ini.

Peletakan batu pertama dilakukan pada 5 Juli lalu di segmen satu dan hingga dengan 31 Agustus kemarin 38 unit rumah itu yang rampung.

"Kalau yang baru terbangun 38 rumah dari total 173 unit rumah berarti masih 135 rumah lagi. Sampai dengan akhir tahun. Paling tidak minggu kedua Desember semuanya rampung," tutupnya.

FOLLOW US