• Nusa Tenggara Timur

Vaksinasi Mobile Covid-19 Polres Alor Sasar Disabilitas dan Lansia

Imanuel Lodja | Minggu, 14/11/2021 13:27 WIB
Vaksinasi Mobile Covid-19 Polres Alor Sasar Disabilitas dan Lansia Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas memantau langsung vaksinasi secara mobile di atas bus polisi yang menyasar khusus lansia dan kaum disabilitas.

katantt.com--Terobosan baru dilakukan Polres Alor dengan gelaran vaksinasi secara mobile. Gelaran vaksinasi mobile kali ini menyasar kaum disabilitas dan lanjut usia (lansia).

Layanan ini dilakukan karena dalam gelaran sebelumnya kaum disabilitas belum sama sekali tersentuh vaksinasi.
Selain itu presentase vaksinasi untuk kaum Lansia masih cukup minim.

"Untuk itu gerai vaksinasi mobile ditujukan untuk lebih mengoptimalkan peserta dari kaum disabilitas dan lansia," ujar Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas, SIK, Minggu (14/11/2021).

Polres Alor pun menurunkan personilnya untuk menjadi vaksinator bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Alor untuk pemberian Vaksinasi pada gelaran vaksinasi mobile.

Beberapa mobil diterjunkan untuk menjangkau para peserta vaksin yang dalam gelaran kali ini menunggu di masing-masing rumah para peserta.

Selain itu vaksinasi mobile juga digelar di dalam mobil bus polisi yang di sulap menjadi tempat digelarnya vaksinasi.

"Ini sengaja dilakukan untuk mempercepat program pemerintah terkait vaksinasi nasional, sehingga percepatan vaksinasi bisa dioptimalkan melalui door to door," tandas Agustinus Christmas.

Ia menyampaikan bahwa kaum disabilitas memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan vaksin.

"jika selama ini kaum disabilitas tidak bisa mendatangi faskes pelayanan vaksin, maka saat ini nakes yang mendatangi kaum disabilitas untuk memberikan pelayanan vaksin," ujarnya.

Agustinus Christmas juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga kaum disabilitas yang telah membantu memberikan pemahaman kepada mereka bahwa vaksin covid 19 juga aman diterima oleh kaum disabilitas dan berkebutuhan khusus.

Gelaran vaksin mobile pertama kali ini dilaksanakan di seputaran kecamatan Teluk Mutiara yang mencakup daerah Tamiming, Adang Buom, Kalabahi Kota, Kalabahi Barat, Kalabahi Timur, dan Nusa Kenari dengan target vaksin sejumlah 100 dosis vaksin.

Ke depan, gelaran vaksinasi mobile akan dilaksanakan secara berkala, dan akan menjangkau daerah-daerah terpencil di Kabupaten Alor dengan target vaksinasi diberikan kepada para kaum disabilitas dan lansia.

FOLLOW US