• Nusa Tenggara Timur

Wali Kota Kupang Gandeng Wartawan dan Milenial Tanam Pohon dan Tanam Air

Semy Andy Pah | Sabtu, 27/11/2021 14:36 WIB
 Wali Kota Kupang Gandeng Wartawan dan Milenial Tanam Pohon dan Tanam Air  Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore turun langsung menanam sebuh pohon dalam kegiatan penghijauan bersama wartawan dan Sahabat Basoka serta Lembaga Gerakan Sosial Milenial Jeriko.

 

katantt.com--Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, mengapresiasi aksi tanam anakan dan pohon baru yang digagas oleh para pimpinan dan wartawan media berkolaborasi dengan Sahabat Bazoka Alumni SMEA Negeri Kupang dan kaum milenial yang tergabung dalam Komunitas Gerakan Sosial Milenial Jeriko (GSMJ).

Acara yang dihelat di Alun-Alun Kota, Kelurahan Pasir Panjang, diikuti oleh Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore ini iinisiasi dalam rangka mendukung Gerakan Kupang hijau Pemerintah Kota Kupang, Sabtu (27/11/2021) pagi.

Turut mendampingi Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, Orson Genes Nawa, SH,MH, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang Ernest S. Ludji, S.STP, MSi dan sejumlah kepala bidang pada Dinas LHK Kota kupang.
 
Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore menyampaikan apresiasi kepada para pimpinan dan wartawan media, keluarga besar alumni SMEA Negeri Kupang serta GSMJ yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan di Kota Kupang dengan menyelenggarakan kegiatan tanam pohon tersebut.

Tak lupa, orang nomor satu di Kota Kupang ini menyampaikan terima kasih kepada Dinas LHK Kota Kupang karena telah memfasilitasi pihak-pihak seperti media dan komunitas tersebut dalam aksi menanam pohon mendukung Gerakan Kupang Hijau.
 
"Kami menyambut baik dan mengapresiasi setiap perorangan atau kelompok yang bersedia mendukung upaya kami menghijaukan Kota Kupang melalui kegiatan tanam pohon dan anakan," ujarnya.

Namun Jefirstson R. Riwu Kore yang akrab disapa Jeriko berharap kegiatan ini juga akan ditiru oleh komunitas-komunitas lainnya.
 
Aksi tersebut berhasil menanam sebanyak 309 anakan dan pohon baru yang terdiri dari jenis pohon kemiri, jambu mente, tapubuya, jambu kristal, kayu bayam, anakan salam dan pohon beringin.

Jeriko menyampaikan apresiasinya karena untuk yang kesekian kalinya komunitas media ikut mendukung Gerakan Kupang Hijau melalui aksi tanam pohon.
 
Menurut Jeriko, Pemerintah Kota Kupang akan terus konsisten agar Gerakan Kupang Hijau ini sukses.

Ia menyampaikan terima kasih kepada wartawan media, Sahabat Bazoka Alumni SMEA Negeri Kupang dan Komunitas Gerakan Sosial Milenial Jeriko (GSMJ) yang telah mendukung upaya ini.

Menurutnya sejak dicanangkan, banyak kelompok masyarakat yang berpartisipasi melalui aksi-aksi seperti ini.

"Saya sangat gembira dan selalu menyambut baik kegiatan seperti ini. Kami akan terus gaungkan agar semakin banyak masyarakat yang ikut peduli dan tanam pohon serta tanam air," imbuhnya.

Wali Kota Kupang, Jeriko menyebutkan bahwa dalam setiap kesempatan, Pemkot Kupang selalu mengimbau masyarakat untuk ikut tanam pohon dan anakan serta tanam air, terutama dengan memanfaatkan musim penghujan.

Bahkan beberapa waktu lalu, dirinya selaku Wali Kota Kupang telah menandatangani edaran yang berisi imbauan kepada masyarakat selain untuk menjaga kebersihan lingkungan turut menanam pohon minimal satu orang satu pohon.
 
Menurutnya, sejak dicanangkan banyak pihak seperti kelompok masyarakat, perbankan dan lain sebagainya yang antusias dan ikut menanam pohon yang menandakan tingkat kesadaran masyarakat yang semakin baik untuk menciptakan lingkungan di Kota Kupang yang lebih baik.

"Saya mengapresiasi setinggi-tingginya antusiasme warga yang semakin hari semakin peduli pada lingkungannya," ujarnya.

"Kesadaran dan pengertian masyarakat kita telah berubah, mereka sadar bahwa kota kita gersang karena kurangnya pohon-pohon pelindung yang menyebabkan kota ini kurang sejuk dan kurang nyaman bagi mereka yang rutin melakukan aktivitas publik seperti pedagang kecil yang memanfaatkan tepi jalan sebagai ruang usahanya," tegas Jeriko.
 
Ia berharap apa yang dilakukan komunitas dalam rangka mewujudkan Kupang Kota Hijau, nyaman, layak dan berkualitas serta asri bagi semua warga kota, juga menginspirasi dan ditiru oleh komunitas lainnya.

”Saya mengajak mari kita semua melakukan sesuatu berarti untuk keindahan hidup kita dan sekaligus investasi bagi anak-cucu kita di masa yang akan datang," tambahnya.
 
Salah satu wartawan yang juga Ketua DPW Jurnalis Online Indonesia (Join) NTT, Joey Rihi Ga mengatakan aksi penanaman pohon ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Karena itu, wartawan sebagai bagian dari masyarakat Kota Kupang mempunyai tanggung jawab moral untuk ikut menghijaukan lingkungan.

"Lingkungan ini milik kita bersama, sehingga kita semua wajib menjaganya dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya. Semoga ke depan makin banyak yang terlibat dalam aksi-aksi seperti ini," ujarnya.
 
Aksi tanam anakan dan pohon baru tersebut juga dimeriahkan dengan Senam Zumba oleh kelompok Dance Zumba yang juga ikut dalam kegiatan tanam pohon.

 

FOLLOW US