• Nusa Tenggara Timur

Gempa Bumi Kembali Guncang Flores Timur

Imanuel Lodja | Rabu, 08/12/2021 12:20 WIB
Gempa Bumi Kembali Guncang Flores Timur Ilustrasi Gempa Bumi

katantt.com--Gempa bumi dengan magnitudo 5,3 kembali mengguncang wilayah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (8/12/2021) dinihari.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang Margiono, mengatakan, gempa tektonik tersebut terjadi pada pukul 00.30 wita.

Margiono menuturkan, hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo5,2, kemudian diupdate menjadi magnitudo 5,3.

Episenter gempa lanjut Margiono, terletak pada koordinat 7,99 derajat lintang selatan dan 123,07 derajat bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 kilometer arah timur laut Larantuka, Kabupaten Flores Timur, pada kedalaman 271 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi," ujar Margiono, Rabu (8/12/2021) pagi.

Dia menyebut, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa ini memiliki mekanisme sesar mendatar (Strike slip fault).

Berdasarkan estimasi peta guncangan (Shakemap), gempa ini berpotensi menimbulkan guncangan di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur, I-II MMI. "Hasil pemodelan menunjukan, gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Margiono.

FOLLOW US