• Nusa Tenggara Timur

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla Lantik Pengurus PMI NTT

Semy Andy Pah | Kamis, 09/12/2021 10:23 WIB
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla Lantik Pengurus PMI NTT Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla memasang pin di dada Ketua PMI NTT, Josef Nae Soi saat pelantikan pengurus PMI NTT di aula rujab Gubernur NTT, Rabu (8/12/2021).

katantt.com--Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla melantik 17 orang Pengurus dan 7 orang Dewan Kehormatan PMI Provinsi NTT masa bhakti 2021-2026 yang terdiri dari tokoh masyarakat, anggota DPRD, pengusaha, birokrat dan pejabat pemerintah.

“Dengan salah satu program pokok yakni donor darah, PMI adalah solusi bagi kesulitan masyarakat dimana mereka memiliki peran untuk membantu kesulitan baik yang ditimbulkan karena bencana alam ataupun manusianya itu sendiri," kata Jusuf Kallasaat melantik pengurus PMI NTT di aula rujab Gubernur NTT, Rabu (8/12/2021).

Karena itu kata Jusuf Kalla, kita harus bekerjasama dengan solid baik antar pusat dan juga daerah termasuk hal-hal yang terjadi di dalam negeri maupun luar adalah tugas bersama.

Ia minta agar anggota PMI mampu mendedikasikan pengabdiannya untuk masyarakat luas tanpa mengenal pamrih dan membedakan status karena tugas pokok PMI adalah bekerja saat manusia dan alam mengalami kesulitan.

Jusuf Kalla menjelaskan, Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai perhimpunan nasional keberadaannya diperkuat dengan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.

Ketua Terpilih PMI Provinsi NTT, Josef Nae Soi yang juga adalah Wakil Gubernur NTT menyampaikan palang merah memiliki tugas mulia pada bidang kemanusiaan.

“Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan salah satu organisasi tertua di Indonesia yang memiliki tugas kemanusiaan yang kuat di dunia yang berkomitmen bergerak di bidang kemanusiaan dan kegiatan sosial," ujarnya.

"Peran PMI sangat penting di bidang kemanusiaan dan sosial. PMI menjadi bagian dari garda terdepan pada penanganan pandemi Covid-19 ini, tanpa dirasa masyarakat di Indonesia termasuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah memasuki tatanan kehidupan era baru,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Josef Nae Soi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengurus PMI Provinsi NTT untuk masa bhakti 2021-2026 dengan keluarnya SK Pengurus Pusat PMI Nomor: 130/KEP/PP.PMI/XII/2021 tanggal 01 Desember 2021 tentang Pengurus PMI Provinsi NTT masa bhakti 2021-2026 dan Nomor: 130/KEP/PP.PMI/XII/2021 tanggal 01 Desember 2021 tentang Dewan Kehormatan PMI Provinsi NTT masa bhakti 2021-2026

Kegiatan pelantikan dihadiri Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Komandan Korem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, Danlanud El Tari Kupang, Marsma TNI Umar Fathurrohman, S.IP. M.Si, M.Tr (Han) Rektor Undana, Dr. Maks Sanam dan Ketua PMI Kabupaten/Kota se-NTT. (sp/biroadpim/setdantt)

FOLLOW US