• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Imbau Masyarakat Waspada Gempa Susulan

Imanuel Lodja | Selasa, 14/12/2021 15:38 WIB
Gubernur NTT Imbau Masyarakat Waspada Gempa Susulan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat memberikan keterangan pers terkait gempa di Flores.

katantt.com--Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat hingga saat ini belum menerima laporan terkait kerusakan maupun korban, akibat gempa bumi 7,4 Skala Richter yang mengguncang sebagian wilayah Flores, Selasa (14/12/2021) pagi.

"Kita bersyukur bahwa semuanya masih dalam keadaan yang baik. Kita juga bersyukur karena BMKG telah mencabut status peringatan dini Tsunami," katanya, Selasa (14/12/2021).

Menurut gubernur Viktor Laiskodat, dirinya telah berkoordinasi dengan seluruh bupati termasuk Forkopimda di Nusa Tenggara Timur, untuk mengantisipasi semua hal yang tidak diinginkan.

"Sampai dengan saat ini belum ada laporan kepada kami di provinsi kalau ada kerusakan-kerusakan maupun korban jiwa, kita bersyukur atas hal yang baik itu tapi kita tetap waspada," ungkap Viktor.

Kepada seluruh masyarakat gubernur Viktor mengimbau agar kembali ke rumah masing-masing, sambil tetap waspada dan mengecek kondisi rumah pasca-gempa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami semua akan terus memantau dan bila ternyata gempa susulan sama seperti gempa pertama, maka masyarakat diharapkan untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman, atau titik kumpul yang telah disediakan," tutup gubernur Viktor.

Sebelumnya, gempa bumi 7,4 Skala Richter guncang sebagian wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (14/12) pagi.

Pusat gempa terjadi di 113 Kilometer Barat Laut Larantuka, Flores Timur yang dirasakan di Maumere hingga Manggarai.

Akibat gempa bumi ini, telah terjadi tsunami setinggi 0,07 meter di Maropokot, Kabupaten Nagekeo pada pukul 10.36 Wib dan Reo, Kabupaten Manggarai 0,07 meter pukul 10.30 wib.


Koordinator Observasi Stasiun Geofisika Kupang, Tri U. Wibowo mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan peringatan dini tsunami dari BPBD, BNPB dan BMKG.

Peringatan Dini Tsunami Dicabut

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mencabut peringatan dini tsunami gempa magnitudo 7.4 yang mengguncang Larantuka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Masyarakat dibolehkan kembali pulang ke rumah.

"Masyarakat yang melakukan evakuasi mandiri dapat kembali ke rumah masing-masing, namun tetap waspada gempa susulan," kata Koordinator Observasi Stasiun Geofisika Kupang Tri U Wibowo kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

FOLLOW US