• Nusa Tenggara Timur

Pertama Kali Polsek Oebobo Gelar Vaksin Anak-Anak, Gerai Vaksin Polri Diserbu

Imanuel Lodja | Kamis, 16/12/2021 14:37 WIB
Pertama Kali Polsek Oebobo Gelar Vaksin Anak-Anak, Gerai Vaksin Polri Diserbu Para anak usia sekolah dasar saat mendapatkan layanan vaksin jenis Sinovac di gerai vaksin Presisi Polri di Polsek Oebobo, Kamis (16/12/2021)

katantt.com--Untuk pertama kalinya, Polres Kupang Kota menggelar vaksin untuk anak usia 6 tahun ke atas. Vaksin ini digelar di gerai vaksin Presisi Polri di Polsek Oebobo, Kamis (16/12/2021).

Walau baru pertama kali digelar dan terkesan dadakan, namun antusias masyarakat membawa anaknya menjalani vaksin sangat tinggi.

Sejak pukul 08.00 wita, ratusan siswa sekolah dasar sudah mulai berdatangan diantar orang tua mereka.

Mereka mulai memenuhi kursi pada tenda yang disiapkan di halaman Polsek Oebobo. Para orang tua membawa serta akte kelahiran maupun kartu keluarga sebagai syarat mengikuti vaksin ini.

Masing-masing anak didaftarkan oleh petugas dan menjalani pemeriksaan tekanan darah serta konsultasi oleh dokter.

Dokter menjelaskan kalau anak peserta vaksin akan mengikuti vaksin jenis sinovac. Anak-anak pun ditanyakan soal kondisi kesehatan dan penyakit atau keluhan kesehatan yang dirasakan selama satu bulan belakangan.

Anak-anak juga ditanyakan soal alergi obat atau imunisasi yang mungkin diperoleh selama ini. Setelah memastikan kalau anak sehat dan siap, dokter menjelaskan efek mendapatkan suntikan vaksin dan juga saran kesehatan pasca mendapatkan vaksin.

Para anak peserta vaksin pun antri mendapatkan suntikan vaksin oleh dua petugas vaksin dari Polres Kupang Kota.
Darel Pohan (11), salah seorang siswa kelas VI sekolah dasar mengaku baru pertama kali mendapatkan vaksin.

Ia mengaku awalnya takut namun tetap memberanikan diri untuk divaksin.

"orang tua saya dapat informasi dari temannya. Sudah lama kami menunggu kesempatan vaksin untuk anak. Setelah ada kesempatan ini maka saya diantar orang tua untuk ikut vaksin," tandas Darel didampingi orang tuanya Bripka Erik.

Para anggota Polri maupun masyarakat umum yang mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan vaksin ini langsung memanfaatkan kesempatan yang ada dengan membawa anak-anak mengikuti vaksin di gerai vaksin Presisi Polri.

Warga berharap, gerai vaksin bagi anak usia 6 tahun ke atas lebih diperbanyak dan rutin dilakukan sehingga anak-anak sekolah dasar hingga SMP pun bisa mendapatkan vaksin.

"Semoga ke depan lebih banyak lagi lokasi vaksin untuk anak-anak. kita merasa terbantu dengan pelaksanaan vaksin ini karena selama ini anak-anak belum pernah mendapatkan vaksin," tandas Yohana Dima (35), warga Kelurahan Bakunase II, Kota Kupang yang ikut antri mengantar anaknya mengikuti vaksin.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti, SIK yang memantau pelaksanaan vaksin di Polsek Oebobo mengaku kalau pihaknya terus menggenjot pelaksanaan vaksin untuk semua kelompok usia.

"Kelompok Lansia sudah kita lakukan. Anak usia 12-17 tahun juga kita sudah masifkan, Vaksin bagi masyarakat diatas 17 tahun juga sudah gencar kita dilakukan di hampir seluruh wilayah di Kota Kupang termasuk gerai vaksin Presisi Polri di kantor polisi," tandasnya.

Pihaknya juga bersyukur saat ini bisa melakukan vaksin bagi anak usia 6-11 tahun yang belum pernah dilakukan.
Pelaksanaan vaksin anak ini mendapat persetujuan dari dinas dan kementerian kesehatan RI karena pelaksanaan vaksin usia 12 tahun keatas di Kota Kupang sudah di atas rata-rata.

"Vaksin bagi anak usia 12-17 tahun sudah diatas 60 persen dan bagi orang dewasa hingga Lansia sudah diatas 70 persen sehingga kita melaksanakan vaksin bagi anak usia sekolah dasar," tambah Satrya.

Ia berharap warga kota Kupang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membawa anak-anak pada gerai vaksin yang ada sehingga anak pun mendapatkan layanan vaksin.

"Mari ikut vaksin dan bawa anak-anak untuk divaksin. Jangan takut divaksin karena vaksin meningkatkan kekebalan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan anak," tambah Satrya.

Pelaksanaan vaksin anak ini menjadi agenda rutin pihak kepolisian di seluruh wilayah di Kota Kupang.

Polres Kupang Kota juga optimis pencapaian vaksin hingga 70 persen di akhir tahun 2021 di Kota Kupang bisa tercapai dan bahkan melampaui target yang ada.

Pihaknya tetap melakukan vaksin selama masih ada dosis vaksin dan berharap masyarakat yang belum mendapatkan layanan vaksin bisa terjangkau dan terlayani dengan baik.

FOLLOW US