• Nusa Tenggara Timur

Jelang Nataru, Kapolres Kupang Kota Pastikan Kota Kupang Aman dan Kondusif

Imanuel Lodja | Sabtu, 18/12/2021 06:40 WIB
Jelang Nataru, Kapolres Kupang Kota Pastikan Kota Kupang Aman dan Kondusif Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti

katantt.com--Sepekan lagi, umat Kristen merayakan hari raya Natal 2021 dan juga tahun baru 2022. Berbagai persiapan dilakukan warga termasuk aneka kegiatan keagamaan menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru).

Sepekan menjelang perayaan Nataru ini, Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti, SIK, memastikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Kupang dan situasi kondusif.

"Hingga saat ini, kondisi masyarakat Kota Kupang masih kondusif dan kita terus menciptakan keamanan dan kenyamanan. Kita juga berharap warga masyarakat di Kota Kupang sama-sama menjaga keamanan jelang hari raya, saat hari raya dan pasca hari raya," ujar Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti, Jumat (17/12/2021).

Pihaknya memperkirakan akan ada peningkatan aktivitas masyarakat dalam satu minggu ke depan saat perayaan hari raya.

Disisi lain, angka penderita covid 19 sudah mulai menurun dan pelaksanaan vaksin bagi warga masyarakat sudah diatas 70 persen. Namun roda perekonomian masyarakat sudah kembali menggeliat dengan padatnya aktivitas pusat perekonomian masyarakat sehingga tetap menjadi perhatian.

"Kita tidak bisa kerja sendiri. Butuh kerjasama dan kolaborasi dengan masyarakat menciptakan keamanan dan menurunkan angka covid dan masalah sosial lainnya," tandasnya.

Untuk itu, Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti berharap masyarakat berkontribusi dalam menjaga dan menciptakan keamanan dan ketertiban di Kota Kupang.

Menjelang hari raya ini, Polres Kupang Kota sudah menggelar berbagai operasi kemanusiaan. Salah satunya operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) yang baru selesai dilakukan.

Selama hampir dua pekan pelaksanaan operasi ini, Polres Kupang Kota dan Polsek jajaran menyita ratusan liter minuman keras tradisional yang diproduksi masyarakat.

Polisi juga memberantas aksi premanisme di jalan serta melakukan razia di sejumlah hotel dan penginapan menertibkan sejumlah pasangan yang bukan pasangan suami istri dan diberikan pembinaan.

"Operasi miras saat operasi Pekat kita lakukan guna menurunkan angka kriminalitas karena kebanyakan tindak pidana yang terjadi akibat konsumsi minuman keras," tandas Satrya Perdana P Tarung Binti.

Masyarakat dihimbau melaporkan kejadian di lingkungan nya kepada polisi atau kantor polisi terdekat. "Apabila ada gangguan keamanan di lingkungan, masyarakat silahkan melaporkan ke kami melalui telepon 110 atau datang ke kantor polisi maupun melaporkan ke polisi melalui Bhabinkamtibmas. Kita sama-sama menjaga keamanan agar tetap kondusif," tambahnya.

Ia juga menegaskan tidak ada larangan beribadah saat perayaan Natal, namun diingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan mematuhi aturan kesehatan saat melakukan ibadah atau bersilaturahmi.

Hingga saat ini, trend tindak kriminal maupun kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas di Kota Kupang cenderung mengalami penurunan. "Ada juga beberapa laporan terkait gangguan keamanan dan masalah pidana, namun menurun dibandingkan dengan beberapa waktu lalu," jelasnya.

Kondisi ini diharapkan tetap terjadi sehingga perayaan natal dan tahun baru di Kota Kupang tetap kondusif dan berjalan aman.

Ia memastikan bahwa misa atau ibadat natal tetap dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

FOLLOW US