• Kabar Desa

Gus Halim: BUMDes dan Desa Wisata sebagai Icon Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19

Semy Andy Pah | Minggu, 19/12/2021 04:42 WIB
Gus Halim: BUMDes dan Desa Wisata sebagai Icon Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi Nyai Lilik Umi Nashriyah dan Staf Khusus Ahmad Iman Syukri kunjungi Kabupaten Magetan Jawa Timur, Sabtu (18/12/2021). Foto: Humas Kemendes

katantt.com--Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengungkapkan, fokus pemerintah adalah percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Menurut Gus Halim, salah satu upaya untuk membantu mempercepatan ekonomi nasional di level desa adalah dengan cara menggerakkan BUM Desa dan BUM Desa Bersama serta Desa Wisata.

"Salah satu yang menjadi icon untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional adalah Desa Wisata yang dikelola oleh BUM Desa," ungkap Gus Halim saat menyalurkan bantuan Sarana dan Prasarana Pendukung Pengembangan Objek Wisata Desa di Desa Genilangit, Magetan, Sabtu (18/12/2021).

Masih dalam rangka percepatan ekonomi nasional tersebut, sepanjang 2021 Kemendes PDTT telah memberikan bantuan pengembangangan obyek wisata dan amenitas wisata di 156 desa di 94 Kabupaten 28 Provinsi.

Kemendes PDTT juga sedang menyiapkan aplikasi untuk membantu promosi wisata desa di seluruh Indonesia. Melalui aplikasi tersebut, calon wisatawan baik dalam maupun luar negeri dapat mereview dengan detail desa wisata di Indonesia.

"Ini menggunakan dua bahasa, bahasa Indonesia dan Inggris, karena desa wisata di Indonesia sudah menjadi perhatian para touris asing para traveller asing yang kemudian kita respon dengan informasi yang lengkap dan akurat," pungkasnya.

Sekedar informasi, usai memeberikan bantuan secara simbolis, Gus Halim yang juga didampingi Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan (PDP) Sugito; staf khusus Menteri, Ahmad Iman Sukri menikmati keindahan desa wisata Genilangit yang menyajikan keindahan alam.

FOLLOW US