• Nasional

Direktur Penyidikan KPK Jabat Kapolda NTT Gantikan Lotharia Latif

Djemi Amnifu | Minggu, 19/12/2021 05:25 WIB
Direktur Penyidikan KPK Jabat Kapolda NTT Gantikan Lotharia Latif Brigjen Pol Setyo Budiyanto

katantt.com--Gerbong mutasi di tubuh Polri mulai bergerak. Sebanyak tujuh Kapolda di Indonesia dimutasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sesuai surat telegram terkait mutasi sejumlah pejabat di instansi Polri.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif termasuk salah satu yang dimutasi sebagai Kapolda Maluku. Jabatan Kapolda NTT ditempati Brigjen Pol Setyo Budiyanto, Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)..

“Ya benar proses mutasi secara alamiah, yang pensiun dan tour of duty and area, serta penyegaran,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo pada wartawan, Sabtu (18/12/2021).

Dalam surat bernomor ST/2568/XII/KEP/2021 sejumlah Kapolda dimutasi karena memasuki masa pensiun juga dalam rangka rotasi.

Selain Kapolda NTT, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto ditarik menjadi Pejabat Tinggi (Pati) Bareskrim Polri karena memasuki masa pensiun. Jabatan Kapolda Bengkulu digantikan Irjen Pol Agung Wicaksono.

Kemudian Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri dimutasi menjadi Pati Sahli Kapolri karena akan pensiun. Kursi yang ditinggalkan Refdi diiisi Irjen Pol Lotharia Latif.

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Riau diangkat menjadi Asops Kapolri. Kapolda Riau dijabat Irjen Pol Muhammad Iqbal yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda NTB.

Sementara Kapolda NTB yang baru adalah Brigjen Pol Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjadi Dirtipidkor Bareskrim Polri. Terakhir Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Remigius Sigid Tri dipindah menjadi Kadivkum Polri.

Ia digantikan oleh Irjen Pol Suryanbodo Asmoro. Total sebanyak 660 orang perwira Polri yang dirotasi dan mutasi.

Mutasi ini tertuang dalam empat surat telegram mutasi dan rotasi oleh Kapolri terhadap sejumlah pejabat tinggi (pati) dan penjabat menengah (pamen), yakni ST/2567/XII/KEP./2021, ST/2568/XII/KEP./2021, ST/2568/XII/KEP./2021 dan ST/2570/XII/KEP./2021. Total sebanyak 660 orang perwira Polri yang dirotasi dan mutasi.

FOLLOW US