• Sport

Wagub NTT Temui Gubernur Jabar Minta Dukungan jadi Tuan Rumah PON 2028

Djemi Amnifu | Selasa, 01/02/2022 20:37 WIB
Wagub NTT Temui Gubernur Jabar Minta Dukungan jadi Tuan Rumah PON 2028 Wakil Gubernur NTT selaku Ketua Umum KONI NTT, Josef Nae Soi terlibat diskusi bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membahas dukungan kepada NTT dan NTB untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 mendatang.

KATANTT.COM--Wakil Gubernur NTT selaku Ketua Umum KONI NTT, Josef A. Nae Soi menemui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk meminta dukungan kepada NTT dan NTB menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 mendatang.

"Direncanakan PON XXII tahun 2028 adalah PON Nusa Tenggara. Mohon dukungan dari Gubernur Jawa Barat karena NTT dan NTB adalah Sunda Kecil, untuk itu diharapkan dukungan dari Sunda besar untuk Sunda kecil karena voting pemilihan tuan rumah PON XXII anak dilaksanakan bulan April ini nanti," kata Josef Nae Soi, Senin (31/1/2022).

Menanggapi tawaran Wagub NTT, Josef Nae Soi tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan secara prinsip, Provinsi Jawa Barat siap dukung.

"Seribu persen, Jabar siap dukung dan bantu loby ke provinsi lain untuk mendukung PON Nusa Tenggara. Kita harus upayakan tidak melalui voting, melalui musyawarah mufakat saja. Saya mendukung PON Nusa Tenggara karena saya mencintai tanah Nusa Tenggara," timpal Ridwan Kamil.

"Di Jabar olahraganya cukup berkembang karena ada sport science, ada fakultas sport science. Silahkan NTT bangun sport science di NTT atau datang belajar di sini," sambung Ridwan Kamil.

Sementara Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin mengungkapkan terkait Keberhasilan olahraga di Jawa Barat.

"Keberhasilan olah raga di Jawa Barat yaitu kami terus mencari dan menata sumber atlet dan di data by name by address. Seluruh fasilitas yang tersedia tidak didapat dari pemerintah saja, tadi melibatkan semua pihak," katanya.

Menurut Ahmad Sefudin, KONI Jabar melihat (yng tidak dilihat KONI lain) yaitu sentuhan kepada para atlet. Banyak atlet yang tidak disentuh. Sentuhan kebanyakan hanya sampai di pengurus padahal komponen utamanya adalah latihan, makanan dan kesehatan.

"Atlet harus bisa dibiayai menjadi sarjana. Harus ada digitalisasi data atlet serta yang mesti menjadi pemahaman bersama yaitu Olahraga bukan hanya prestasi tapi juga bisnis, ekonomi, UMKM," ungkap Ahmad Saefudin. (sp/biroadpim/setdantt)

FOLLOW US