• Sport

Giliran Sumatera Selatan Dukung NTT & NTB Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028

Djemi Amnifu | Sabtu, 19/02/2022 09:36 WIB
Giliran Sumatera Selatan Dukung NTT & NTB Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028 Ketua KONI NTT Josef Nae Soi (JNS) didampingi Wakil Ketua Bidang Perencanaan Alex Riwu Kaho, Ketua Bidang Organisasi Frits Bria Seran, Wakil Bendahara Riky Kasematan, anggota Organisasi Servas Poso, dan Kaban Penghubung NTT, Donald Izaac melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Jumat (18/2/2022).

KATANTT.COM--Demi mewujudkan terlaksananya Pekan Olahraga Nasional (PON) Nusa Tenggara Tahun 2028, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur terus berupaya menggalang dukungan dari provinsi-provinsi lain.

Usai bertemu Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur Yogjakarta, kali ini giliran Wakil Gubernur NTT sekaligus Ketua KONI NTT Josef Nae Soi (JNS) melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Jumat (18/2/2022).

Turut mendampingi Wagub JNS adalah para jajaran KONI NTT diantaranya Wakil Ketua Bidang Perencanaan Alex Riwu Kaho, Ketua Bidang Organisasi Frits Bria Seran, Wakil Bendahara Riky Kasematan, anggota Organisasi Servas Poso, dan Kaban Penghubung NTT, Donald Izaac.

"Kunjungan pertama di Sumatera ini dimulai dengan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel). Jadi kehadiran kita disini guna meminta dukungan Sumsel untuk mendukung NTT dan NTB tuan rumah PON XXII," jelas Josef Nae Soi.

"Sumsel ini olahraganya sudah sangat maju dan bahkan juga sudah berhasil menyelenggarakan event-event nasional dan internasional di ibukotanya yaitu Palembang. Salah satunya adalah ajang Asian Games tahun 2018 lalu di mana Indonesia menjadi tuan rumah dengan Jakarta dan Palembang menjadi Kota penyelenggara even tersebut," ungkap Josef.

"Kita harus belajar dari Sumsel untuk kemajuan olahraganya. Palembang juga akan menjadi tuan rumah FORNAS (Festival Olahraga Rekreasi Nasional) VI tahun 2022 ini," tambahnya.

Sementara itu Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mengatakan apresiasi dan dukungan untuk pelaksanaan PON XXII Nusa Tenggara. "Terkait PON tahun 2028, Sumatra Selatan siap mendukung NTT dan NTB menjadi tuan rumah. Kita juga apresiasi bagi Pemprov NTT dan NTB yang berani mengajukan diri menjadi tuan rumah," kata Heru

"Tentunya menjadi tuan rumah penyelenggara PON bukanlah hal yang mudah. Anggaran harus disiapkan dengan baik, pembangunan venue-venue serta peningkatan pola pembinaan para atlet. Maka dari itu kita harap NTT dan NTB bisa bergandeng tangan untuk wujudkan PON tahun 2028 nanti," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk memajukan bidang olahraga maka sangat diperlukan sarana dan pra sarana olahraga yang memadai.

"Kita di sini sangat memperhatikan bidang olahraga untuk bisa jadi industri. Palembang kini mempunyai sarpras olahraga yang lengkap. Di wilayah sarpras yang saling terintegrasi ini akan dibangun Sekolah Tinggi Olahraga dan sport science yang nantinya akan menjadi sport industri," kata Heru. (sp/biroadpim/setdantt)

FOLLOW US