• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Resmikan Sarana Air Bersih Siap Minum di Amarasi

Djemi Amnifu | Kamis, 10/03/2022 06:27 WIB
Gubernur NTT Resmikan Sarana Air Bersih Siap Minum di Amarasi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Bupati Kupang, Korinus Masneno, Waha Mitra Indonesia (WMI) Cabang Kupang, Jan Danial bersama rombongan disambut dengan tarian Amarasi di Desa Oenoni II Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang.

KATANTT.COM--Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat  (VBL) meresmikan pemanfaatan sarana air bersih siap minum di Desa Oenoni II Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang. Pembangunan fasilitas air bersih ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Kupang dan Yayasan Waha Mitra Indonesia (WMI) Cabang Kupang.

"Air merupakan kebutuhan dasar manusia di bumi. Aneh memang, jika untuk air bersih saja gubernur tiba di sini. Namun karena airnya berbeda dengan air lainnya, maka saya hadir di Desa Oenoni II," kata Viktor Bungtilu Laiskodat saat meresmikan sarana air bersih siap minum, Rabu (9/3/2022).

"Atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat NTT, saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan WMI karena tidak semua bisa melakukan hal yang WMI lakukan saat ini. Semoga kerjasama ini bisa berjalan dengan penuh kasih," sambung Viktor Laiskodat lagi.

Viktor menilai, budaya masyarakat dalam menghambat pembangunan di daerah NTT telah menjadi sebuah tantangan besar. Di antaranya perbaikan jalan, stunting dan kemiskinan sehingga tantangan tersebut telah menjadi beban bagi pemerintah dalam membangun Nusa Tenggara Timur yang lebih baik.

Orang nomor satu di NTT ini berharap camat dan kepala desa/lurah mampu untuk mendesain masyarakat yang berkualitas. Dengan begitu akan menjadi pembelajaran untuk kemajuan pembangunan baik soal jalan, pendidikan, kemiskinan maupun soal air.

"Pemerintah akan terus membantu secara bertahap sesuai dengan budget yang tersedia. Jika semuanya berjalan dengan baik, maka kita menyiapkan generasi-generasi terbaik di NTT untuk mengisi pembangunan secara baik," tegas Viktor.

Viktor berharap agar masyarakatnya bisa bekerja dengan rajin agar pemerintah bisa membantu membawa perubahan bagi masyarakat.

Bupati Kupang Korinus Masneno mengucapkan selamat datang kepada Gubernur NTT dan rombongan yang hadir bersama masyarakat Desa Oenoni II untuk peresmian air minum melalui kerja sama Pemkab Kupang dengan WMI.

"Hari ini telah dibangun di Kabupaten Kupang, khususnya di Desa Oenoni II yang mendapat air dan pengembangan jaringan hingga 180 dan akan ditambah 120 jaringan lagi," jelas Korinus.

Korinus menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTT karena selama masa pemerintahannya, jalanan dari Desa Bokong kecamatan Takari hingga Kecamatan Amfoang sudah diperbaiki.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang, saya mengucapkan terima kasih kepada WMI, semoga kerja sama ini tidak sampai disini melainkan berlanjut untuk ke depannya," ujarnya.

Sementara Country Director WMI Jan Danial mengatakan, dibangunnya sarana air sehat (air minum) dan instalasi pipa air ke rumah penduduk di Desa Oenoni II. Selama ini masyarakat kesulitan air bersih karena sumber air jauh dari perkampungan hingga menempuh jarak 2 km demi mendapatkan air bersih.

Oleh sebab itu, Yayasan WMI melakukan survey pada tahun 2020 di Desa Oenoni II dan pada tanggal 26 Juni 2021 dibentuk komite pembangunan sarana air sehat (air minum) dan instalasi pipa air ke rumah penduduk yang disponsori Yayasan Waha Mitra Indonesia (WMI) Cabang Kupang yang bergerak di bidang pembangunan Sarana Air Sehat (Air Minum) dengan standar sistem tugu kran.

Danial menjelaskan, instalasi pipa air ke rumah penduduk sendiri merupakan inovasi baru yang dilakukan oleh WMI berdasarkan permintaan dan masukkan dari masyarakat desa dan untuk pengerjaannya didukung dari sumbangan masyarakat dan Pemerintah Desa Oenoni II.

Ia menyatakan, secara praktis air yang disediakan oleh Yayasan WMI ini sudah memenuhi standar WHO dan memiliki kualitas air minum, dimana air ini siap diminum tanpa perlu dimasak. (sp/biroadpimsetdantt)

FOLLOW US