• Sport

Tutup Turnamen Catur, Jeriko Pastikan Berlanjut Setiap Tahun

Semy Andy Pah | Rabu, 20/04/2022 07:23 WIB
Tutup Turnamen Catur, Jeriko Pastikan Berlanjut Setiap Tahun Wali Kota Kupang Jeriko menyerahkan piala dan hadiah kepada pemenang turnamen Catur Jeriko Cup 2022.

KATANTT.COM--Turnamen Catur Jeriko Cup 2022 telah berakhir dan ditutup Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM,MH, pada Senin (18/8/2022). Namun, Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore memastikan turnamen ini tetap akan digelar setiap tahun.

"Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kupang sudah menyatakan kesanggupan untuk melanjutkan turnamen ini di tahun-tahun mendatang meskipun mungkin tidak dengan nama Jeriko Cup lagi," kata Jeriko, panggilan akrabnya saat menutup turnamen Catur Jeriko Cup 2022.

Meski masa jabatannya akan berakhir pada Agustus 2022 mendatang, namun tetap akan memberikan perhatian kepada upaya pengembangan olahraga catur di Kota Kupang melalui turnamen ini.

Bahkan akan diupayakan agar pelaksanaan turnamen di tahun mendatang lebih meriah dan di tempat yang lebih baik beserta hadiah-hadiah yang lebih menarik. "Dengan harapan tidak ada keributan seperti yang sudah berhasil dilaksanakan panitia pada turnamen tahun ini," ujarnya.

Yang paling penting adalah kata dia, bagaimana memulai sehingga masyarakat Kota Kupang lebih tertarik dengan olahraga catur.

Ia berterima kasih kepada panitia dan para pemuda yang terlibat dalam turnamen ini seperti Komunitas Kopi Arak dan Pemuda Fatululi.

"Terima kasih juga disampaikannya kepada para sponsor, terutama Bank NTT yang telah membantu menyediakan hadiah bagi para juara dalam turnamen ini," ujarnya.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Kupang, Ir. Elvianus Wairata, MSi, mengapresiasi penyelenggaraan Turnamen Catur Jeriko Cup 2022 yang sudah berlangsung sejak 7 hingga 14 April 2022 lalu.

Elvianus mengatakan tingkat partisipasi peserta dalam turnamen ini cukup tinggi, bahkan hadir juga peserta dari luar Kota Kupang seperti dari kabupaten sedaratan Timor, daratan Sumba juga ada peserta dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurutnya turnamen ini merupakan kebanggaan masyarakat Kota Kupang dan menjadi ajang yang tepat untuk membina bakat catur di Kota Kupang.

Sebagai ibu kota Provinsi NTT, Kota Kupang menurutnya memiliki potensi catur yang besar. Karena itu dia berharap talenta-talenta muda catur yang sudah ada tidak dibiarkan begitu saka melainkan diberdayakan.

"Saya berharap agar turnamen catur ini tidak berakhir di tahun 2022 saja tetap bisa terus berlanjut di tahun-tahun mendatang," katanya.

Tak lupa ucapan terima kasih kepada semua sponsor, terutama Bank NTT yang sudah memberikan  dukungan yang luar biasa untuk penyelenggaraan turnamen ini.

Atas nama para pencinta catur di Kota Kupang, dia berharap agar Pemkot Kupang menyiapkan fasilitas permainan catur di tempat-tempat publik seperti taman-taman yang baru dibangun.

Turnamen Jeriko Cup Tahun 2022 diikuti oleh 130 peserta, dibagi dalam dua kategori. Kategori senior  113 peserta dan kategori junior 17 peserta. Peserta berasal dari Kota Kupang, kabupaten se-daratan Timor, Sumba Barat Daya, Flores Timur dan Sulawesi Selatan.

Penentuan juara yang berhak memperoleh hadiah, untuk kategori senior dari juara 1 hingga 20 dan kategori junior dari juara 1 hingga 10.

Dari hasil turnamen untuk kategori senior, juara I diraih oleh Fatikh Ganus asal Sulawesi Selatan, juara II diraih oleh Yandra Feoh dan juara III diraih oleh Ricky Dethan.

Sementara untuk kategori junior, juara I diraih oleh Tasya Guteres, juara II diraih oleh Cosmas Talo dan juara III diraih oleh Lina Guteres.

FOLLOW US