• Nusa Tenggara Timur

Pesan Ira Ua Kepada Kaum Perempuan Supaya tak Alami Nasib Sepertinya jika Suami Selingkuh

Imanuel Lodja | Minggu, 08/05/2022 19:38 WIB
Pesan Ira Ua Kepada Kaum Perempuan Supaya tak Alami Nasib Sepertinya jika Suami Selingkuh Ira Ua (kanan) saat diwawancarai wartawan, Sabtu (7/5/2022).

KATANTT.COM--Ini curhatan hati Ira Ua untuk pertama kali di media. Kesempatan EKSKLUSIF ini diungkapkan di katantt.com di suatu tempat di Kota Kupang, Jumat (6/5/2022). Ungkapan hati Ira Ua selama hampir dua jam ini diungkapkan Ira Ua secara lugas, terbuka dan apa adanya.

Sejak kasus ini mencuat akhir Oktober 2021 lalu, Ira memilih bungkam. Ia memilih diam sambil menunggu semua proses hukum ini selesai. Saat bertemu wartawan di suatu tempat di Kota Kupang, Ira Ua pun menyampaikan curahan hati (curhat)-nya.

Ia curhat mengenai kegundahannya, kesedihannya atas hubungan gelap Randy dan korban Astri, penghakiman sosial yang diterima hingga klarifikasi soal dugaan keterlibatannya. Curhatan ini merupakan kali perdana Ira tampil dan menyatakan isi hatinya.

Ira Ua melanjutkan kisahanya dengan mengatakan bahwa begitu pula pada tanggal 8 Oktober 2021, saat mengikuti prajabatan di Hotel Cahaya Bapa. Ira Ua sempat menasehati Randy agar jangan selingkuh lagi dengan korban Astri. Saat itu, Randy menjawab bahwa hal itu tidak mungkin terjadi karena dia (Astri Red) sudah mati.

"Pada saat itu saya tidak merespon kata itu. saya bilang kalau memang mau dengan korban ya ceraikan saya sekarang jangan sudah tua baru memutuskan untuk hidup bersama selingkuhan. Jadi suami marah dan berkata saya sudah tidur di rumah orangtua selama kamu di prajabatan. Kamu sudah pakai life360 juga masih curiga saya pergi selingkuh, saya tidak mungkin selingkuh juga karena dia sudah mati. Saya cinta kamu dan mau hidup dengan kamu. Saya bunuh orang loh mah, bukan pukul orang bukan tipu orang tapi bunuh orang belum cukup ini jadi bukti saya cinta dan mau sama-sama dengan kita?," urai Ira.

Pada saat itu Ira yakin Randy sudah marah seperti tanggal 29 Agustus dan 23 September 2021. Pada saat itu suami saat marah lari dari rumah dan tidak aktif HP jadi saya memutuskan untuk tidak melanjutkan mempersalahkan selingkuh karena belum tentu suami saya selingkuh. Dan saya sedang berada dalam prajabatan dan tidak bisa mendapat ijin keluar jadi saya takut apabila suami saya lari dari rumah.

"Akan menjadi tanda tanya untuk keluarga saya jadi saya yang sedang alergi pada kulit saya seperti biasa berusaha untuk membahas hal lain dengan mengirimkan foto alergi saya di bagian dada dan mengatakan saya sudah membahas masalah lain jadi sudahlah saya ada banyak pekerjaan disini saya juga tidak mau ada drama atau bertengkar, nanti baru dibahas lagi," tambah Ira.

Ira mengaku berkali kali oleh penyidik dan polisi yang sering menyindir-nya. "Pada saat lampu se kota Kupang padam dan saya sedang pemeriksaan di Polda NTT, beliau mengatakan bahwa Tuhan mungkin ingin menunjukan yang benar," katanya.

Kemudian pada saat konfrontir beliau itu lagi berkata bahwa kalau tidak mengaku pun tetap bisa dipidana kalau polisi yakin seperti kasus jessica kopi sianida, saya paham maksudnya ternyata untuk saya setelah saya ditetapkan tersangka berdasarkan keyakinan penyidik.

"Yang ingin saya sampaikan di sini pak polisi, Jesika itu dia yang mengajak mirna untuk bertemu, dia yang memilih tempat, dia yang memilih minuman, dia yang mengatur tempat,dia berniat untuk menghilangkan celana yang dipakai pada saat bertemu Mirna. Semuanya mengarah kepada Jesika. Apakah bapak ingin mengatakan kepada saya bahwa saya dijadikan tersangka karena bapak yakin dan ada saksi menyatakan saya bertengkar dengan suami karena dia berselingkuh," katanya.

"Saya juga mengetahui dari seseorang yang pernah bertemu dengan suami bahwa suami saya disumpah oleh penyidik Kalau tidak memberikan nama tersangka lain, maka suami saya akan dihukum mati. Kalau memberikan nama maka hukuman akan dikurangi. Saya baru tahu kalau negosiasi hukuman ada di polisi bukan berdasarkan keyakinan hakim selama fakta persidangan," keluh Ira.

Ira Ua jadi Tersangka

Di tanggal 24 April 2022 di media massa online, Ira membaca bahwa dipastikan oleh kejaksaan ada tersangka lain.
Kemudian tanggal 25 April 2022 siang namanya keluar sebagai terdakwa bahwa ia bersama-sama melakukan kejahatan dengan Randy.

"Padahal di sore tanggal yang sama saya masih menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Di tanggal 26 April 2022 saya diberikan surat pemanggilan sebagai tersangka dan di tanggal 27 April saya ditetapkan sebagai tersangka. Saya penasaran, apakah ini artinya apapun hasil pemeriksaan saya tidak penting? Karena apapun hasil pemeriksaan terhadap saya sudah dipastikan saya ditetapkan sebagai tersangka?," tanya Ira lirih.

Ia juga berpesan ke seluruh masyarakat terutama kaum wanita, apabila mendapati pasangan berselingkuh, tolong jangan pernah marah.

"Jangan sakit hati dan bertengkar, jangan pula diam. Karena apapun yang anda lakukan akan balik menyerang anda apabila pasangan anda bertemu selingkuhan lagi di belakang anda tanpa sepengetahuan anda, sudah pasti anda akan dijadikan tersangka," tegas Ira. (habis)

FOLLOW US