• Nusa Tenggara Timur

Basarnas Evakuasi Penumpang KM Sirimau yang Kandas di Ile Ape-Lembata

Imanuel Lodja | Rabu, 18/05/2022 20:09 WIB
  Basarnas Evakuasi Penumpang KM Sirimau yang Kandas di Ile Ape-Lembata KM Sirimau milik PT Pelni masih kandas di perairan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di perairan Desa Palilolon.

KATANTT.COM--Kapal Motor (KM) Sirimau milik PT Pelni kandas pada Selasa (17/5/2022) di perairan laut Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT tepatnya di perairan Desa Palilolon.

Untuk membantu proses evakuasi, Tim SAR dari kantor Pencarian dan pertolongan Kelas B Maumere pada Rabu (18/5/2022) pagi pukul 06.00 Wita, ke lokasi kejadian kandasnya KM Sirimau.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, I Putu Sudayana, Rabu (18/5/2022) mengatakan, kecelakaan kapal terhadap KM Sirimau kandas di Perairan Laut Selat Witihama Flores diperkirakan pada koordinat :08° 15`21.10"S-123°21` 6.46"E dengan radial 73.11° dengan jarak 86.9 NM dari Pelabuhan wuring, Maumere, Kabupaten Sikka.

Kapal berpenumpang 784 orang ini, pada Selasa (17/5/2022), berangkat dari pelabuhan Tenau Kupang dan tiba pukul 10.05 Wita di Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten.

Selanjutnya pada pukul 13.00 Wita, melanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata menuju Pelabuhan Maumere, Kabupaten Sikka NTT.

"Pada pukul 14.09 witA KM Sirimau mengalami kandas di Perairan Laut Selat Witihama," ungkapnya.

Saat ini pihaknya telah berkordinasi dengan instansi potensi SAR di Lembata dan diinformasikan pihak Pelni tetap berkoordinsi dengan KM Sirimau untuk update perkembangan dan diinformasikan kondisi crew dan penumpang dalam keadaan sehat.

"Menunggu air laut pasang, KM Sirimau diupayakan untuk olah gerak," katanya.

KM Ganda Nusantara 14 milik PT Pelni juga sudah tiba dilokasi untuk membantu proses olah gerak dan apabila dibutuhkan evakuasi terhadap penumpang dan crew.

"Apabila penumpang di evakuasi KM Ganda Nusantara 14 akan merapat ke lambung bagian kiri KM Sirimau serta RIB 500 PK Kansar Maumere membantu melaksanakan proses evakuasi," jelasnya.

Unsur yang terlibat dalam operasi SAR itu antara lain, Kansar Maumere 4 orang, dari unsur Pos AL Lembata, Pos Polair Lembata, PT Pelni Lembata, serta KUPP Lewoleba.

FOLLOW US