• Nusa Tenggara Timur

Nelayan di Sumba Barat Daya Hilang Belum Ditemukan, Polisi Tahan Rekan Korban

Imanuel Lodja | Selasa, 31/05/2022 12:11 WIB
Nelayan di Sumba Barat Daya Hilang Belum Ditemukan, Polisi Tahan Rekan Korban Nidar Muhamad

KATANTT.COM--Nidar Muhamad (19), nelayan hilang sejak Kamis (26/5/2022) lalu ketika mencari ikan di perairan Weikelo, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT hingga kini belum ditemukan.

Aparat keamanan Polres Sumba Barat Daya, keluarga korban dan masyarakat desa masih melakukan pencarian.

"Sudah beberapa hari dilakukan pencarian namun (korban) belum juga ditemukan," ujar Kapolres Sumba Barat Daya, AKBP Sigit Harimbawan, SIK melalui Kasat Reskrim Polres Sumba Barat Daya Iptu Yohanes Balla, SE saat dikonfirmasi Selasa (31/5/2022).

Tahan Pelaku

Penyidik Satreskrim Polres Sumba Barat daya sudah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus ini. Polisi juga sudah mengamankan Kamaludin Ibrahim (42) sebagai pelaku yang mengakibatkan korban terjun ke laut.

"Kita sudah tahan pelaku dan statusnya sudah menjadi tersangka. Pelaku juga sudah mengakui perbuatannya," tambah Yohanes Balla.

Atas perbuatannya, tersangka Kamaludin Ibrahim dijerat dengan pasal 338 KUHP. Tersangka pun terancam hukuman 15 tahun penjara.

"Barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun".

Polisi dari Satreskrim Polres Sumba Barat Daya sudah memeriksa intensif Kamaludin Ibrahim, nelayan yang berlayar mencari ikan bersama korban Nidar Muhamad (19).

Sebelumnya, Zainab Algadri (54), Ibu rumah tangga asal Desa Radamata, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT melaporkan kehilangan anaknya saat melaut.

Zainab mengaku kalau anaknya Nidar Muhamad (19) yang juga seorang nelayan hilang sejak Kamis (26/5/2022) lalu ketika mencari ikan di perairan Weikelo, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Laporan tersebut tertuang dalam laporan polisi nomor LP-B/62/V/SPKT/Res.SBD/Polda NTT.

Ia baru melaporkan kasus ini pada Senin (30/5/2022) setelah upaya pencarian oleh keluarga selama beberapa hari tidak membuahkan hasil.

Dari hasil pemeriksaan terungkap kalau Kamaludin Ibrahim sempat memukul korban bahkan Kamaludin lah yang mendorong korban ke laut.

"Kamaludin Ibrahim diduga sebagai pelaku yang mana, korban sempat injak selang minyak dari perahu sampan," ujar Kasat Reskrim Polres Sumba Barat Daya, Iptu Yohanes Balla, SE saat dikonfirmasi Senin (30/5/2022).

Tindakan korban ini mengakibatkan Kamaludin emosi. Kamaludin pun memukul korban sebanyak 3 kali dan mendorong korban ke laut.

Pasca kejadian ini, Kamaludin meninggalkan korban tenggelam di laut. "Setelah pelaku meninggalkan korban, pelaku kembali ke tempat pelaku mendorong korban namun pelaku sudah tidak lagi menemukan korban," urainya.

Selanjutnya pelaku kembali ke darat dan tidak memberitahukan kepada keluarga maupun orang tua korban. Polisi langsung menahan pelaku pasrah pemeriksaan. "Pelaku sekarang sudah diamankan di polres Sumba Barat Daya," tandasnya.

FOLLOW US