• Bisnis

Penerbangan di Bandara El Tari Kupang Terganggu, Gegara Rumput Terbakar Dekat Runway

Imanuel Lodja | Jum'at, 17/06/2022 16:37 WIB
Penerbangan di Bandara El Tari Kupang Terganggu, Gegara Rumput Terbakar Dekat Runway Bandara El Tari di Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

KATANTT.COM--Rumput kering di sekitar runway Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilalap api, Kamis (16/6/2022).

Akibatnya pesawat Lion Air tujuan Kupang - Denpasar harus delay 1,5 jam.

Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Kupang, Rio Hendarto menjelaskan, setiap memasuki musim kemarau rumput kering di sekitar runway selalu terbakar sendiri. Sehingga kendaraan pemadam selalu disiagakan.

"Kita selalu siap siagakan empat kendaraan pemadam, dengan kapasitas tangki lebih dari 10.000 liter untuk setiap kendaraannya," jelasnya.

Menurut Rio Hendarto, penerbangan yang terdampak kebakaran rumput kering tersebut adalah maskapai Lion Air, dengan nomor penerbangan JT925.

"Satu saja yang delay yakni Lion Air dengan tujuan Kupang-Denpasar-Solo. Delay sekitar 1,5 jam, harusnya jam 13.30 Wita namun baru berangkat 15.17 Wita," ungkapnya.

"Pesawat take off dengan selamat, dengan perkiraan jarak titik api ke RWY Center Line 15m, serta standby personil TNI AU dan PKP-PK di jarak terdekat titik api ke RWY Center line," tambah Rio Hendarto.

FOLLOW US