• Nusa Tenggara Timur

ICRAF Memanggil Lulusan Muda Perguruan Tinggi di NTT untuk Menjadi Peneliti Lanskap

Djemi Amnifu | Jum'at, 01/07/2022 15:54 WIB
ICRAF Memanggil Lulusan Muda Perguruan Tinggi di NTT untuk Menjadi Peneliti Lanskap ICRAF

 

KATANTT.COM--World Agroforestry (ICRAF) Indonesia kembali memanggil 40 lulusan muda perguruan tinggi untuk mengambil peran aktif sebagai peneliti muda dalam upaya menjawab tantangan dalam tata kelola lahan, ketahanan pangan, pemberdayaan perempuan, dan mitigasi/adaptasi dampak perubahan iklim pada petani kecil dan kelompok masyarakat rentan lainnya, di Nusa Tenggara Timur.

Melalui proyek Sustainable Landscapes for Climate-Resilient Livelihoods in Indonesia (Land4Lives) di Provinsi Nusa Tenggara Timur, ICRAF Indonesia menyelenggarakan kegiatan Inkubator Peneliti Muda Lanskap (IPML) yang dirancang untuk putra-putri daerah yang berdomisili di Nusa Tenggara Timur dan akan berlangsung selama 2 hingga 3 bulan.

Koordinator Proyek Land4Lives Andree Ekadinata mengatakan kegiatan IPML adalah program pelatihan dan penguatan kapasitas bagi lulusan perguruan tinggi (periode tahun 2018-2022) yang memiliki kepedulian pada lingkungan dan motivasi tinggi untuk meningkatkan kapasitas diri. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda peduli perubahan iklim untuk ikut serta dalam pengelolaan lanskap berkelanjutan.

“Selain itu ICRAF ingin berkontribusi dalam ekosistem penelitian di tanah air dengan membuka kesempatan bagi lulusan muda untuk meningkatkan kapasitas mereka dan juga terlibat langsung dalam aksi lapangan, berinteraksi dengan masyarakat. Diharapkan melalui kegiatan ini akan lahir peneliti-peneliti handal dengan kepekaan yang tinggi pada kepentingan masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup,” kata Andree dalam kegiatan Sosialiasi Inkubator Peneliti Muda Lanksap untuk Dosen Perguruan Tinggi di Nusa Tenggara Timur di Swiss Belcourt Kupang, Jumat  (1/7/2022).

ICRAF juga menyediakan paket rumenerasi lengkap yang sepadan dengan kegiatan yang akan dijalankan,” kata Andree.  

Pendaftaran untuk menjadi peserta IPML dibuka pada periode  6-15 Juli melalui tautan https://lahanuntukkehidupan.id/ipml/. Laman ini juga menyediakan informasi tahapan penerimaan peserta, lini masa dan persyaratan untuk menjadi peserta.

Proyek penelitian aksi Land4Lives adalah kerja sama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN)/Bappenas dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada dan dilaksanakan di Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. Proyek Land4Lives atau #LahanuntukKehidupan berfokus pada tata kelola lahan, adaptasi/mitigasi dampak perubahan iklim, peningkatan penghidupan petani kecil,  

Di Nusa Tenggara Timur, kegiatan Land4Lives akan berlangsung di Kabupaten Timor Tengah Selatan, khususnya di desa-desa yang terletak di kawasan sub-DAS Benain dan Noelmina.

Sebelumnya, ICRAF telah merampungkan kegiatan Inkubator Peneliti Muda Gambut (IPMG) untuk Provinsi Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat di mana proyek penelitian Peat-IMPACTS berlangsung. Para alumni IPMG atau disapa sebagai #PahlawanGambut sebelumnya terlibat dalam inkubator yang menghadirkan para peneliti senior yang mumpuni di bidangnya untuk berbagi ilmu dan terjun langsung dalam aksi lapangan di desa-desa dengan lahan gambut di Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Untuk mendapatkan pembaruan informasi tentang IPML dan kegiatan lain ICRAF Indonesia sila ikuti akun Instagram ICRAF Indonesia di @icraf_indonesia.

FOLLOW US