• Nusa Tenggara Timur

Pertama Kali, Peserta Tes IPDN di NTT Tes Psikologi dengan Sistem CAT

Imanuel Lodja | Rabu, 06/07/2022 06:09 WIB
Pertama Kali, Peserta Tes IPDN di NTT Tes Psikologi dengan Sistem CAT Sebanyak 85 peserta tes Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) provinsi NTT mengikuti tahapan seleksi tes psikologi di SMKN 3 Kupang.

 

KATANTT.COM--Sebanyak 85 peserta tes Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) provinsi NTT mengikuti tahapan seleksi tes psikologi.

Ke-85 peserta yang terdiri dari 55 pria dan 30 wanita mengikuti tes psikologi di aula SMKN 3 Kupang, NTT, Selasa (5/7/2022).

Puluhan calon praja IPDN ini menjalani unjian materi tes kecerdasan, kepribadian, sikap kerja, tes integritas dan kejujuran.

Untuk pertama kali nya sistem tes/penilaian menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) atau tes seleksi yang berbasis komputer yang hasilnya bisa langsung dipantau.

Sistem penilaian bersifat kuantitaf yang artinya keputusuan mengenai memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS) adalah hal yang akan disampaikan pihak IPDN melalui website Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP).

Pelaksanaan tes dipantau Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol Ari Wahyu Widodo, SIK selaku sekretaris daerah wilayah NTT, Kabid Propam Polda NTT, Kombes Pol Dr Drs Dominicus Savio Yempormase, MH selaku ketua tim pengawas.

Tes ini pun dimonitoring langsung oleh Wakil Rektor IPDN bidang akademik, Dr Rizari, MBA.

Pelaksanaan hingga siang hai berjalan dengan lancar dan seluruh peserta menunjukkan antusiasme karena untuk pertama kalinya dilakukan dengan sistem CAT.

Untuk memudahkan peserta mengikuti tes ini maka sehari sebelumnya atau pada Senin (4/7/2022) dilakukan gladi bagi seluruh peserta dan panitia.

Panitia juga memastikan kesiapan sarana prasarana penunjang termasuk jaringan internet dan listrik sebagai hal utama dalam pelaksanaan tes.

"Diharapkan dari pelaksanaan pemeriksaan/tes psikologi ini bisa memperoleh calon-calon praja yang memiliki kondisi psikologis yang baik serta mampu mengembangkan potensi diri yang dimiliki secara produktif," ujar Kabag Psikologi Biro SDM Polda NTT, Kompol Dwi Chrismawan, M.PSi selaku penanggungjawab pelaksanaan pemeriksaan/tes psikologi.

FOLLOW US