• Nusa Tenggara Timur

Ibu Bhayangkari di Rote Ndao Melahirkan di Atas Kendaraan Dinas Kasat Samapta

Imanuel Lodja | Rabu, 06/07/2022 16:25 WIB
Ibu Bhayangkari di Rote Ndao Melahirkan di Atas Kendaraan Dinas Kasat Samapta Bayi yang dilahirkan di mobil dinas Samapta Polres Rote Ndao.

KATANTT.COM--Sebuah kejadian menarik terjadi di Kabupaten Rote Ndao, NTT, Selasa (5/7/2022) malam. Seorang ibu bhayangkari (istri anggota polisi) melahirkan diatas mobil dinas Kasat Samapta Polres Rote Ndao.

Kejadian ini bermula pada Selasa (5/7/2022) sekitar pukul 18.30 wita. Saat itu dua orang ibu Bhayangkari Polres Rote Ndao, Saleha Abang, AMd.Keb dan Marlen M. Nalle, AMd.Kep mendatangi asrama tempat tinggal Bripka Yakobus M. Loinati di asrama Polres Rote Ndao.

Mereka ingin membantu Merci Feoh, AMd.Keb (istri dari Bripka Yakobus M Loinati) karena saat itu Merci sedang kesakitan hendak melahirkan anak kedua.

Selanjutnya sekitar pukul 19.45 Wita, Saleha Abang mengatakan bahwa Merci harus secepatnya diantar ke Puskesmas terdekat (Busalangga) karena Merci sudah mengalami kontraksi yang hebat.

Selanjutnya Bripka Yakobus M Loibati segera mendatangi asrama Kasat Samapta Polres Rote Ndao, Iptu Naftali JE Lede, SH yang bersebelahan dengan asrama yang ditempati Yakobus.

Bripka Yakobus hendak meminjam mobil double cabin yang terparkir di depan asrama Kasat Samapta guna mengantar Merci ke Puskesmas terdekat.

Kasat Samapta Polres Rote Ndao langsung menyuruh Bripka Yakobus membawa mobil tersebut untuk segera membawa istri Yakobus ke Puskesmas Busalangga, Kabupaten Rote Ndao.

Saat itu Bhabinkamtibmas Dodaek, Rote selatan yang berdekatan asrama dengan Yakobus langsung meminta untuk membantu mengendarai mobil tersebut.

Saat di asrama, Yakobus melihat istri nya sedang berteriak kesakitan dan dibopong oleh Saleha dan Marlen serta mertua Yakobus serta juga tetangga asrama sekitarnya.

Dengan bantuan kedua ibu bhayangkari, Yakobus langsung menggendong istri nya dan mengevakuasi di atas mobil patroli operasional Kasat Samapta Polres Rote Ndao.

Yakobus bersama Oren dan Saleha bergegas mengantar istri Yakobus ke Puskesmas.

Ketika keluar dari asrama dan tiba di depan cabang jalan umum Ba`a-Busalangga, Merci berteriak dan menurut Saleha bahwa sudah pembukaan lengkap diikuti dengan pecahnya ketuban.

Mereka panik karena saat itu Saleha tidak sempat membawa alat partus set melainkan hanya menggunakan hand skub.

Tiba-tiba saat tiba di depan rumah jabatan Kapolres Rote Ndao, Merci melahirkan anak perempuan diatas mobil.

Namun saat itu terdapat sedikit kendala yakni ada lilitan tali pusar, namun Saleha mampu menanganinya dengan baik.

Beberapa saat kemudian, mobil tiba di depan Puskesmas Busalangga Kabupaten rote Ndao yang langsung dijemput dan ditangani sesuai SOP oleh pihak medis Puskesmas Busalangga.

"Terima kasih yang tak terhingga bagi semua pihak yang dengan rela hati telah membantu proses kelahiran putri kami ini," ujar Bripka Yakobus M. Loinati, Rabu (6/7/2022).

Hingga saat ini Yakobus dan Merci Feoh belum memberi nama bagi anak kedua mereka.

Kasat Samapta Polres Rote Ndao Iptu Naftali Lede, SH yang dikonfirmasi Rabu (6/7/2022) membenarkan kejadian ini.

"Kebetulan ada mobil di asrama jadi saya pinjamkan ternyata ibu nya melahirkan diatas mobil dalam keadaan selamat," tandas mantan Kasi Propam Polresta Kupang Kota ini.

FOLLOW US