• Nusa Tenggara Timur

Usai Dilantik, 14 Bintara Polri Polda NTT Langsung Ditempatkan di IKN

Imanuel Lodja | Kamis, 07/07/2022 12:22 WIB
Usai Dilantik, 14 Bintara Polri Polda NTT Langsung Ditempatkan di IKN Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto saat melantik bintara remaja di SPN Polda NTT Kamis (7/7/2022)

KATANTT.COM--Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto melantik 249 bintara Polri gelombang I TA 2022 di lapangan SPN Polda NTT, Kamis (7/7/2022).

Dari 249 orang ini, sebanyak 14 orang langsung ditempatkan di Polda Kalimantan Timur dalam rangka persiapan ibu kota negara (IKN) baru. Ada pula dua orang bintara ditempatkan di Densus 88 anti teror Mabes Polri.

Dua bintara yang bakal menjadi anggota Densus 88 AT Polri yakni Bripda Alexander Agung Tabe Nagu dan Bripda Fidra Risky Wiguna.

Sementara 14 orang yang langsung ditempatkan ke Polda Kalimantan Timur tertuang dalam surat keputusan Kapolri nomor B/5496/VII/KEP/2022/SSDM tanggal 5 Juli 2022 tentang penghadapan bintara remaja lulusan pendidikan pembentukan bintara Polri gelombang I TA 2022.

Keputusan ini ditanda tangani Karo Dalpers SSDM Polri, Brigjen Pol Drs Jawari, SH, MH.

Para bintara remaja yang baru dilantik ini segera menjalani cuti selama 10 hari mulai 8-17 Juli 2022.
Pada tanggal 18 Juli 2022, para bintara Polri ini sudah harus menghadap pada kesatuan yang baru.

Secara umum ada 390 orang bintara remaja hasil pendidikan pembentukan Polri gelombang I TA 2022 se Indonesia yang langsung ditempatkan di Polda Kalimantan Timur dalam rangka persiapan IKN.

Di Polda NTT, belasan bintara remaja juga memilih menjadi anggota Brimob dan bidang Humas.

Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto usai penutupan pelantikan dan pengambilan sumpah pendidikan pembentukan bintara Polri gelombang I TA 2022 SPN Polda NTT menyebutkan bahwa penempatan bintara remaja ke IKN merupakan kebijakan Mabes Polri dengan mengambil perwakilan dari setiap Polda.

Pasalnya, IKN selain meliputi Kalimantan Timur juga Kalimantan Utara sehingga membutuhkan perkuatan personil Polri termasuk Densus AT 88 juga membutuhkan tambahan personil.

"Kita bersyukur 249 bintara remaja yang menjalani pendidikan selama 5 bulan di SPN Polda NTT dengan waktu pendidikan yang sangat padat dan singkat dapat berhasil seluruhnya," ujar jenderal polisi bintang satu ini.

Wakapolda juga mengapresiasi Ka SPN, tenaga pendidik dan pengasuh yang melaksanakan tugas secara maksimal sehingga 249 siswa bisa lulus dan dilantik menjadi bintara remaja.

Mantan Kapolresta Kupang Kota ini pun mengingatkan bahwa sebagai anggota Polri sudah menandatangani perjanjian untuk siap ditempatkan dimana saja.

"Kita (anggota Polri) sudah tanda tangan dan teken kontrak untuk siap ditempatkan dimana saja, apalagi (anggota) Brimob untuk BKO di daerah konflik atau di daerah mana saja harus siap. Namanya jadi polisi maka sejak awal kita sudah teken kontrak sehingga harus melaksanakan tugas dengan baik, menjaga kepercayaan dan jaga nama baik institusi Polri," tandas mantan Kapolres Sumba Barat, NTT ini.

FOLLOW US