• Nusa Tenggara Timur

ASN Pelaku Pembakaran Rumah Panggung di Londalima-Sumba Timur Dititipkan ke Kepala Desa

Imanuel Lodja | Sabtu, 09/07/2022 09:38 WIB
ASN Pelaku Pembakaran Rumah Panggung di Londalima-Sumba Timur Dititipkan ke Kepala Desa Rumah panggung di lokasi wisata Londalima Sumba Timur ludes terbakar rata dengan tanah.

KATANTT.COM--Penyidik Satreskrim Polres Sumba Timur memeriksa intensif DNdM alias Ndelu Namu Ratu alias Ndilu (57) yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ndilu merupakan warga Wohili, Desa Kuta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Ia merupakan pelaku pembakaran rumah panggung (lopo) di pantai wisata Londalima, Kabupaten Sumba Timur.

"Saat ini kita masih selidiki tentang peristiwa tersebut," tandas Kasat Reskrim Polres Sumba Timur, Iptu Salfredus Sutu, SH, Sabtu (9/7/2022).

Polisi juga mendalami perbuatan yang dilakukan pelaku. "Kita juga termasuk mendalami gangguan jiwa yang dialami pelaku," tambah Salfredus Sutu.

Sejak Jumat (8/7/2022) malam, polisi memulangkan pelaku dan masih melanjutkan proses hukum kasus ini.

Polisi juga tidak menahan pelaku karena masih perlu pemeriksaan psikis sehingga pelaku dititipkan ke Kepala Desa Kuta. "Sementara pelaku tadi malam kita titip kembali ke kepala desa Kuta," tandas Salfredus Sutu.

Anggota Satreskrim Polres Sumba Timur, membekuk pelaku yang membakar rumah panggung di lokasi wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi NTT, Jumat (8/7/2022).

"Kita amankan Ndelu Namu Ratu, ASN yang diduga merupakan pelaku pembakaran rumah panggung milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur," tandas Kasat Reskrim Polres Sumba Timur, Iptu Salfredus Sutu, SH.

Dari hasil interogasi, pelaku mengaku membakar rumah panggung tersebut dengan cara membakar tumpukan alang-alang yang berada di lantai/balai-balai bangunan tengah.

"Pelaku mengaku membakar sendiri menggunakan pemantik," kata Salfredus Sutu.

Kemudian pelaku kembali duduk di bawah pohon cemara sambil melihat terbakarnya bangunan tengah.

Saat api mulai membesar, pelaku turun ke tepi pantai dan berjalan menyusuri Pantai Londalima menuju ke arah Kuta, Kabupaten Sumba Timur.

Diperjalanan, pelaku melempari orang yang melintas di sekitar lokasi.

Sore hari, pelaku datang ke rumah Lukas Ledu Manandang dan berteriak menyuruh Agus, Yanto dan Denis untuk mengantarnya pulang.

"Namun tidak ada yang mau mengantar pelaku sehingga pelaku memgamuk dan melempari rumah serta anak-anak yang tinggal di rumah Lukas Ledu Mandang," tambahnya.

Masyarakat pun berteriak minta tolong dan minta bantuan. Melihat kelakuan pelaku, masyarakat marah dan menghakimi pelaku, kemudian mengikat pelaku.

Aparat keamanan kemudian mengamankan pelaku dan dilakukan interogasi. "Pelaku mengakui semua perbuatannya melakukan pembakaran terhadap rumah panggung (lopo atap jerami) di pantai wisata Londalima," tambahnya.

FOLLOW US