• Nusa Tenggara Timur

Ini Harapan Keluarga Astri dan Lael, Jelang Sidang Tuntutan Randy Badjideh

Imanuel Lodja | Rabu, 13/07/2022 06:24 WIB
Ini Harapan Keluarga Astri dan Lael, Jelang Sidang Tuntutan Randy Badjideh Saul Manafe dan Jeckson Manafe

KATANTT.COM--Majelis hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Kupang mengagendakan sidang lanjutan kasus dugaan tindak pidana pembunuhan ibu dan anaknya Astri Manafe dan Lael Maccabee, Rabu (13/7/2022).

Sidang kembali digelar dengan agenda tuntutan JPU Kejari Kota Kupang dalam kasus ini.

Mendekati masa tuntutan terdakwa Randy Badjideh pada 13 Juli 2022 besok, keluarga Manafe berharap agar JPU memberikan tuntutan kepada terdakwa Randi semaksimal mungkin.

Jeckson Manafe, kakak kandung korban Astri Manafe, Selasa (12/7/2022) di rumannya berharap Randi bisa mendapatkan tuntutan maksimal.

"Rencana tuntutan pada tanggal 13 Juli 2022 untuk terdakwa Randy. Kami keluarga besar semuanya mengharapkan jaksa benar-benar, melihat tidak hanya dari BAP tetapi lihat juga fakta-fakta persidangan yang selama ini sudah kita lihat bersama-sama, karena banyak kejanggalan," ujar Jeckson.

Menurutnya JPU, tentunya telah melihat sendiri sikap terdakwa dalam persidangan dan juga keluarga yang tidak memiliki niat baik untuk meminta maaf terkait kasus ini.

"Selain itu sikap Randy sendiri, terhadap kami keluarga itu banyak orang tahu dan JPU juga bisa lihat hal itu, termasuk juga dengan keluarganya Randi. Karena sampai hari ini, tidak punya etikat baik untuk meminta permohonan maaf satu katapun sama sekali tidak ada," kata Jeckson Manafe.

Adanya hal tersebut, menurutnya keluarga Badjideh seolah-olah mengingnkan kematian dari kedua korban.

"Jadi kami keluarga menganggap seolah-olah bahwa keluarga Badjideh ini memang benar-benar, menginginkan Astri dan Lael itu meninggal dengan cara seperti itu," kata Jek.

Tingkah laku seperti itu, dinilai Jeckson telah memenuhi faktor atau unsur yang memberatkan terdakwa Randi Badjieh.

"Hal ini menjadi faktor-faktor dan unsur memberatkan, dan kalau bisa jaksa jangan ragu-ragu untuk menjatuhkan hukuman maksimal semaksimal mungkin itu harapan keluarga besar seperti itu," tegasnya yang didampingi ayahnya Saul Manafe.

Ia juga berharap, JPU tidak mengabaikan fakta persidangan dimana dalam tuntutan JPU besok di ruang sidang cakra PN Kupang.

"Jangan sampai, fakta-fakta persidangan diabaikan itukan tidak baik juga, dan sikapnya Randi sendiri hal ini kan termasuk hal yang memberatkan dia," ucapnya.

FOLLOW US