• Sport

Diikuti 18 Tim, Kejuaraan Piala Pelajar Soeratin Tahun 2022 Dibuka Wagub NTT

Imanuel Lodja | Rabu, 03/08/2022 08:19 WIB
Diikuti 18 Tim, Kejuaraan Piala Pelajar Soeratin Tahun 2022 Dibuka Wagub NTT Wagub NTT, Josef Nae Soi menendang bola sekaligus membuka dengan resmi turmen Sepak Bola Liga Pelajar Soeratin Cup U-17 tahun 2022 di Stadion Marilonga Ende, Selasa (2/8/2022) malam.

KATANTT.COM--Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Adrianus Nae Soi, secara resmi membuka turnamen Piala Pelajar Soeratin Cup U-17 Tahun 2022, bertempat di Stadion Marilonga, Kabupaten Ende, Selasa malam, (2/8/2022).

Pembukaan turnamen Piala Pelajar Soeratin Cup U-17 Tahun 2022 tersebut ditandai dengan tendangan kick off serta tendangan pinalty oleh Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi.

Sebelumnya, rangkaian acara pembukaan turnamen Soeratin Cup U-17 tersebut terlebih dahulu dimulai dengan menampilkan parade defile dari masing-masing kontingen tim.

Setelah itu dilanjutkan oleh Tarian Gawi bersama 1.000 penari di dalam lapangan Stadion Marilonga. Wagub NTT, Josef Nae Soi bersama Ketua Asprov NTT Chris Mboeik serta Wakil Bupati Ende Ericos Emanuel Rede, Anggota DPD RI Angelus Wake Kako dan anggota DPRD NTT, Thomas Tiba Owa turut menari bersama para penari.

Wagub NTT, Josef Nae Soi memberi apresiasi atas terselenggaranya turnamen ini yang mana tentu akan membangkitkan semangat bertanding bagi peserta dalam perebutan gelar juara.

Ia berharap pembinaan usia dini dapat menjadi aset bagi setiap atlet sepak bola NTT untuk membela dan mengharumkan nama NTT pada perhelatan nasional maupun Internasional.

“Sebagai mantan pemain sepak bola yang dulunya pernah bermain di PON, tentu saya sangat menyambut gembira dan bangga atas penyelenggaraan turnamen Soeratin Cup ini," ujarnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi NTT dan masyarakat NTT, Josef Nae Soi mengapresiasi setinggi-tingginya untuk Asprov NTT dan Pemerintah Kabupaten Ende serta pihak-pihak terkait yang terlibat dalam menginisiasi dan bersedia menyelenggarakan turnamen ini.

“Mengapa turnamen Soeratin Cup U-17 ini penting? Karena turnamen sepak bola ini juga merupakan bagian dari sistem pembinaan olahraga yang bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet sepak bola berbakat." katanya.

Dari sini jelas Josef, kemudian dibina dan kembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlet daerah sehingga nantinya dipersiapkan untuk mengikuti ajang perlombaan di tingkat provinsi, nasional, maupun di tingkat internasional.

Josef berpesan kepada para peserta untuk bertanding dengan penuh semangat dan tetap menjunjung tinggi sportivitas serta menunjukkan prestasi terbaik.

Untuk para wasit, Josef juga berpesan agar dapat memimpin setiap pertandingan secara professional, objektif, menjunjung tinggi norma dan etika serta kehormatan wasit.

“Mari pupuk sportivitas dan junjung tinggi semangat persaudaraan dalam turnamen ini, jaga nama baik masing-masing peserta dan tim. Berikan yang terbaik untuk Flobamorata kita yang tercinta,” pungkasnya.

Ketua Asprov NTT yang juga Wakil Ketua DPRD NTT Chris Mboeik menjelaskan bahwa penyelenggaraan Turnamen Soeratin Cup U-17 di Ende tersebut menjadi momentum seleksi para atlet Sepak Bola NTT untuk menghadapi event nasional.

“Kami dari Asprov NTT juga sekaligus bertujuan sebagai ajang seleksi, di mana akan kita pilih 18 pemain terbaik yang nanti akan dikirim ke pusat untuk berkompetisi di tingkat nasional," katanya.

"Kami berharap melalui ajang ini kita bisa hasilkan bakat-bakat anak NTT yang tidak hanya bisa berbicara di tingkat lokal tapi juga di tingkat internasional. Itu mimpi kita bersama yang harus kita wujudkan,” tambah Chris.

Untuk diketahui Turnamen Sepak Bola Liga Pelajar Soeratin Cup U-17 tahun 2022 di Kabupaten Ende tersebut diikuti 18 Tim.

Tim ini terdiri dari PSKK Kota Kupang, Platina Fc, Pers Soe, PS.Malaka, Bintang Timur Atambua, Persab Alor, Perseron Rote Ndao, Parsebata Lembata, Perseftim Flores Timur, Perse Ende, Persena Nagekeo, Nirwana 04 Nagekeo, PSN Ngada, Persematim Manggarai Timur, Persamba Manggarai Barat, Persiteng Sumba Tengah, Persewa Waingapu dan Persada Sumba Barat Daya.

Adapun tim yang tidak ikut berpartisipasi dalam kompetisi Soeratin Cup U-17 tahun 2022 yakni Persab Belu, PSKN Kefamenanu, Cristal FC Kabupaten Kupang, Persami Maumere, Persim Manggarai serta Persesba Sumba Barat. (sp/biroadpimsetdantt)

 

FOLLOW US