• Nasional

ASEAN-Uni Eropa Gelar Pameran Pendidikan Tinggi 2022

Imanuel Lodja | Rabu, 03/08/2022 22:11 WIB
ASEAN-Uni Eropa Gelar Pameran Pendidikan Tinggi 2022 AEHEF agenda Chat

KATANTT.COM--Diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan besar peringatan 45 tahun hubungan dialog, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Uni Eropa (UE). Pameran Pendidikan Tinggi ASEAN - Uni Eropa (AEHEF), akan diadakan secara virtual pada Sabtu 6 Agustus 2022 nanti.

Pendidikan tinggi memainkan peran penting dalam pemulihan pasca COVID-19 dan upaya untuk mengatasi tantangan seperti perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, transformasi digital, atau populasi masyarakat yang makin menua.

Menggarisbawahi visi bersama ASEAN - Uni Eropa, dan komitmen kuat untuk mendorong pendidikan tinggi secara strategis menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, AEHEF mendatang akan menampilkan lebih dari 120 universitas terkemuka dari Asia Tenggara dan Eropa. Mitra dan program lain yang juga akan berpartisipasi antara lain ASEAN University Networks (AUN), Erasmus+, EURAXESS ASEAN, Global Campus of Human Rights Asia Pacific (APMA) dan SHARE.

AEHEF akan menyoroti kekuatan bersama ASEAN dan Uni Eropa – kekayaan dalam keragaman, sambil memungkinkan para peserta untuk mendapatkan manfaat dari aset akumulatif keunggulan akademik, program pendidikan, beasiswa, dan peluang mobilitas di kedua kawasan.

“Sekretariat ASEAN bangga melakukan kolaborasi dengan Uni Eropa karena sejalan dengan peluncuran Peta Jalan ASEAN Higher Education Space 2025 dan rencana implementasinya. Kami membayangkan Ruang Pendidikan Tinggi ASEAN yang tangguh dan berkelanjutan, yang memungkinkan harmonisasi dan internasionalisasi sistem pendidikan tinggi di kawasan ini,” kata Ms Rodora T. Babaran, Direktur Pengembangan Manusia, Departemen Komunitas Sosial Budaya ASEAN, Sekretariat ASEAN

Elizabeth Te, Kuasa Usaha, a.i., Misi Tetap Filipina untuk ASEAN, juga Koordinator Negara untuk Hubungan Dialog ASEAN-UE menekankan, “Kami dengan tulus berterima kasih kepada Uni Eropa atas komitmennya untuk memperkuat dan mendukung pendidikan tinggi di ASEAN dan kontribusi terhadap pembangunan Komunitas ASEAN. Kami mendorong para siswa dan kaum muda untuk mencari kesempatan belajar dan pelatihan baik di ASEAN maupun di negara-negara anggota Uni Eropa. Belajar di luar negeri akan memperluas perspektif kita, dan mengubah cara kita memandang dunia.

Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela pernah berkata, “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia.” Kami mengundang Anda, para pemimpin masa depan kami, untuk memperdalam pengetahuan Anda guna menjadikan dunia kami tempat yang lebih baik.”

Igor Driesmans, Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN mengatakan, “Tahun 2022 memang sangat istimewa bagi kita semua. Komisi Eropa menetapkan 2022 sebagai Tahun Pemuda Eropa. Di tahun ini, kita juga memperingati 35 tahun program Erasmus (program pendidikan tinggi yang didanai Uni Eropa) dan 45 tahun Hubungan Dialog Uni Eropa-ASEAN.

Pendidikan tinggi dan mahasiswa selalu menjadi elemen penting dalam hubungan kami dengan ASEAN. Mereka memainkan peran penting di masa depan kedua wilayah kita. Melalui pameran pendidikan tinggi virtual ini, kami dapat menyebarkan berita tentang peluang studi Uni Eropa dan ASEAN ke lebih banyak siswa dan akademisi dari seluruh ASEAN.”

Di ASEAN, pendidikan memainkan peran penting dalam mempromosikan integrasi regional, pembangunan berkelanjutan, dan kemakmuran. AEHEF akan berkontribusi pada upaya ASEAN untuk mempromosikan kesetaraan pendidikan, akses pendidikan tinggi, dan mobilitas intra-regional di antara mahasiswa dan peneliti. Ini menunjukkan strategi ASEAN dalam menjadikan pendidikan relevan dan efektif bagi semua warga negara melalui berbagai inisiatif kerja sama.

Pameran Pendidikan Tinggi ASEAN-EU 2022 akan diadakan secara virtual pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022, mulai pukul 09.30-18.00 (GMT+7). Pameran ini menjadi pintu gerbang menuju pendidikan tinggi dan peluang pengembangan karir akademik di Eropa dan Asia Tenggara bagi mahasiswa, peneliti, dan institusi akademik.

Para peserta pameran adalah universitas terkemuka di negaranya masing-masing, seperti Ecole Ferrieres – Hospitality, Gastronomy, and Luxury (Prancis), Institut Teknologi Bandung (Indonesia), National University of Singapore (NUS), University of Groningen (Belanda), University College Dublin, University of Sopron, University of Latvia dan Vietnam National University Ho Chi Minh City (VNUHCM).

Setidaknya 3.000 pengunjung akan mendapatkan informasi langsung mengenai berbagai program akademik dan beasiswa. Selain itu akan ada 18 webinars dan presentasi negara. Para peserta juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan semua peserta pameran melalui `live chat` dari pameran virtual.

FOLLOW US