• Nusa Tenggara Timur

Polisi BKO Polda NTT Korban Lakalantas Dipulangkan ke Kupang, Pengendara Sepeda Motor Tewas

Imanuel Lodja | Sabtu, 06/08/2022 20:20 WIB
Polisi BKO Polda NTT Korban Lakalantas Dipulangkan ke Kupang, Pengendara Sepeda Motor Tewas ilustrasi_lakalantas

KATANTT.COM--Polisi korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Manggarai Timur, NTT langsung dipulangkan ke Kupang pada Sabtu (6/8/2022).

"Puji Tuhan sekarang mereka semua sudah di kapal menuju Kupang," ujar Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, SH MH, Sabtu (6/8/2022).

Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto memastikan kalau semua anggota yang sempat luka akan diperiksa di rumah sakit Bhayangkara Kupang.

"Sampai Kupang nanti langsung diperiksa dan jika diperlukan perawatan di Rumah Sakit bhayangkara Titus Uly Kupang," tambahnya.

Orang nomor satu di Polda NTT ini juga membenarkan kalau pengendara sepeda motor yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas ini meninggal dunia setelah sempat mengalami luka berat.

"Untuk anggota hanya luka ringan. Korban yang meninggal dunia adalah pengemudi motor," ujar jenderal polisi bintang dua ini.

Terpisah, Kapolres Manggarai Timur, AKBP Ketut Widiarta, SIK, yang dikonfirmasi Sabtu (6/8/2022) mengakui satu orang meninggal dalam peristiwa kecelakaan lalu lintas ini. "Pengendara sepeda motor yang meninggal dunia, bukan polisi," ujar Kapolres Manggarai Timur, AKBP Ketut Widiarta.

Ketut Widiarta juga mengakui kalau seluruh anggota Polda NTT yang sempat menumpang bus `Gemini` nomor polisi EB 7004 DK sudah pulang ke Kupang melalui pelabuhan Aimere, Kabupaten Ngada. "Iya. (Anggota) sudah langsung pulang. ini sudah di kapal," ujarnya.

Sementara Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Ariasandy, SIK yang dikonfirmasi Sabtu (6/8/2022) menyebutkan kalau semua anggota Polda NTT sudah pulang. "Anggota kita aman semua, sementara perjalanan kembali ke Kupang," ujarnya.

Ia menambahkan kalau bus `Gemini` dikendarai Yohan Rai (32), warga Mbata, Desa Rana Mbata, kecamatan Kota Komba Utara, kabupaten Manggarai Timur dengan kondektur Aldinus Rahu, warga Wirung, kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur.

Sementara sepeda motor yang terlibat kecelakaan ini dikendarai Ricky Andreas Makarawung (22), warga kelurahan Oebobo, kecamatan Oebobo, Kota Kupang mengalami luka berat pada wajah dan meninggal dunia.

Kabid Humas menyebutkan kalau sekira pukul 20.00 wita, kendaraan mini bus nomor polisi EB 7004 DK datang dari arah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat menuju Aimere Kabupaten Ngada beriringan dengan kendara mini bus nomor polisi EB 1212 G yang dalam kecepatan sekira 60 kilometer/jam.

Sesampai di lokasi tersebut, mini bus nomor polisi EB 1212 G mendadak rem dan berhenti. Kemudian pengendara mini bus nomor polisi EB 7004 DK hendak mendahului dengan melambung kendaraan yang berada di depan.

Pada saat melambung tersebut muncul sepeda motor Honda Supra X nomor polisi EB 2359 DI yang dikendarai Ricky Andreas Makarawung.

Sepeda motor melaju dari arah berlawanan, yakni dari arah Bajawa, Kabupaten Ngada menuju Borong, Kabupaten Manggarai Timur.

Pengendara mini bus kemudian kaget dan membanting stir hendak kembali ke jalur kiri. Namun karena dalam kecepatan tinggi sehingga pengendara kehilangan kendali dan menyebabkan kendaraan mini bus terbalik ke kanan dan menghempas kendaraan roda Dmdua hingga keluar jalur

Para korban dibawa ke UPTD Puskesmas Waelengga, Kabupaten Manggarai Timur dan tidak sadarkan diri. Kedua pengendara tersebut dirujuk ke RSUD Bajawa Kabupaten Ngada karena kondisi luka sehingga membutuhkan perawatan yang lebih lengkap.

Ada pula 6 orang anggota Polri yang menjadi korban pada kejadian tersebut dan dirawat secara insentif oleh tenaga medis.

FOLLOW US