• Nasional

PBB Anugerahkan Medali Kepada Kontingen FPU 3 dari Polda NTT

Imanuel Lodja | Kamis, 11/08/2022 11:51 WIB
PBB Anugerahkan Medali Kepada Kontingen FPU 3 dari Polda NTT Salah satu personil FPU 3 Minusca, Briptu Alviyude Yosephus Mooy saat melaksanakan tugas di Afrika Tengah.

KATANTT.COM--PBB menganugerahkan medali penghargaan kepada personil Polda NTT yang tergabung dalam kontingen FPU 3 Minusca (Multidimensional Integrated Stabilization Mission In The Central African Republic).

Ada 104 personil Polri yang tergabung dalam Satgas Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 3 Minusca yang mendapat penganugerahan medali Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN Medal) yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Veteran Indonesia.

Salah satu personil FPU 3 Minusca, Briptu Alviyude Yosephus Mooy yang dikonfirmasi Kamis (11/8/2022) membenarkan.

Disebutkan bahwa penganugerahan medali PBB yang diterima Kontingen Garuda Bhayangkara FPU 3 Minusca tahun 2022 Iptu Taufan Ardiansyah dan Briptu Alviyude Yosephus Mooy merupakan penghargaan tertinggi dari PBB kepada pasukan pemeliharaan perdamaian.

Mereka dinilai berhasil melaksanakan misi selama 11 bulan berturut-turut atau lebih secara profesional, loyal, dedikasi tinggi dan mampu diterima masyarakat Afrika Tengah.

Ada Platon SWAT yang saat ini tidak bisa mengikuti upacara Penganugerahan medali PBB karena sedang melaksanakan Join Task bersama Portugal QRF ke daerah Bakouma yang berjarak 857 kilometer yang ditempuh dengan medan yang sangat berat.

Di dalamnya terdapat 3 personil Polda NTT yakni Danru 1 SWAT Ipda Reymond Reynaldo Lusi, SH (Satuan Brimob Polda NTT), Aipda Tias Ballo (Bidang TIK Polda NTT) dan Bripka Yosep Afrianto Wero (Satuan Brimob Polda NTT).

Deputy FPU 3 Minusca AKBP Kevin Lelehuri menjanjikan bahwa sepulangnya Platon SWAT dari deploy yang dijadwalkan tanggal 20 Agustus 2022, akan dibuatkan upacara penyambutan dan upacara penganugerahan UN Medal kepada personil Polda NTT yang tergabung dalam platon SWAT.

Rangkaian UN Medal Parade Garuda Bhayangkara FPU 3 Minusca 2022 diawali upacara penyematan UN Medal oleh Deputy Special Representative of Secretary General, Madame Lizbeth Cullity kepada Komandan Kontingen, Danton Alpha, IPO Indonesia dan personil yang menjadi perwakilan utama.

Sementara itu penyematan medali kepada pasukan disematkan para tamu Undangan VIP. Salah satu yang menerima medali ini adalah personil Satuan Brimob Polda NTT, Briptu Alviyude Yosephus Mooy (29).

Alviyude menyebutkan bahwa ada pula tarian tradisional suku dayak yang diperankan oleh personil FPU 3 Minusca turut memeriahkan suasana usai pelaksanaan Medale parade.

“Kami menampilkan berbagai tarian nusantara diantaranya Tari Tidayu dan menari bersama tarian khas Afrika Tengah yaitu Tarian Jerusalema menambah kemeriahan acara,” pungkas Alviyude yang juga mantan ajudan Kapolda NTT.

Diakhir acara dilaksanakan kegiatan ramah tamah bersama oleh para tamu VVIP, VIP, para Dankontingen dan rwakilan FPU dan Military Army.

FOLLOW US