• Nusa Tenggara Timur

Polisi dan Relawan di Rote Ndao Patroli Titik Rawan Karhutla

Imanuel Lodja | Selasa, 16/08/2022 13:24 WIB
Polisi dan Relawan di Rote Ndao Patroli Titik Rawan Karhutla Kapolsek Rote Tengah Ipda Charles Rihi Pati bersama Kanit Binmas dan para relawan Karhutla Kabupaten Rote Ndao melakukan patroli pada sejumlah titik rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Selasa (16/8/2022).

KATANTT.COM--Aparat Polsek Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao bersama sejumlah relawan melakukan patroli pada sejumlah titik rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Selasa (16/8/2022).

Patroli dipimpin Kapolsek Rote Tengah Ipda Charles Rihi Pati bersama Kanit Binmas dan para relawan Karhutla Kabupaten Rote Ndao.

Kapolsek menyebutkan kalau kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan himbauan dalam bentuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat baik pengguna jalan maupun masyarakat sekitar hutan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan.

"Hutan merupakan aset berharga bagi masa depan anak cucu kita," tandas Kapolsek Rote Tengah, Ipda Charles Rihi Pati.

Kegiatan patroli ini merupakan rencana program yang disusun oleh para relawan sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap Karhutla di kecamatan Rote Tengah pada khususnya dan Kabupaten Rote Ndao pada umumnya.

Kapolsek menyebutkan kalau masih ada beberapa agenda penting dari relawan yakni mensosialisasikan pada tempat keramaian dan pengguna jalan yang melintasi hutan agar bisa menjaga bersama hutan yg ada.

Salah seorang relawan Karhutla Rote Ndao, Yandri Sinlaeloe mengatakan kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sangat positif karena dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya menjaga hutan.

Santri Panie sebagai salah seorang perwakilan perempuan pemerhati lingkungan hidup mengatakan pentingnya menjaga hutan karena hutan merupakan aset bagi kelangsungan kehidupan anak cucu ke depan.

Melalui patroli bersama ini, pihak Polsek Rote Tengah melalui PS Kanit Binmas Bripka Johanes Pellokila mengatakan bahwa pihak Polsek Rote Tengah akan selalu siap mendampingi para relawan pada setiap kegiatan baik dalam bentuk kegiatan preventif maupun represif.

Kegiatan patroli pada titik-titik rawan kebakaran hutan rutin dilakukan secara periodik.

FOLLOW US